SUDIRMAN, MIFTAH FARID (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITRA, DAN KEPUASAN TERHADAP WORD OF MOUTH (SURVEY PADA PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUA PINDUL, KABUPATEN GUNUNG KIDUL). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (52kB) | Preview |
Preview |
Text
cover scan.pdf Download (91kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar isi scan.pdf Download (29kB) | Preview |
Preview |
Text
lembar pengesahan scan.pdf Download (220kB) | Preview |
Text
gabungan-skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran objek wisata Gua Pindul
khususnya Word Of Mouth (WOM) yang di pengaruhi oleh kualitas pelayanan,
persepsi harga, citra, dan kepuasan. Dewasa ini WOM telah berkembang menjadi
alat pemasaran yang efektif yang tidak dapat dikendalikan secara langsung oleh
perusahaan. Oleh sebab itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan faktor
faktor pembentuk WOM. Dalam penelitian ini peneliti melakukan survey pada 100
responden dengan bantuan kuesioner dengan menggunakan metode purposive
sampling dan menggunakan skala likert. Hasil data yang didapat kemudian diolah
menggunakan software SPSS untuk pengujian validitas dan reliabilitas. Kemudian
peneliti menggunakan software WarpPLS-SEM 6.0 untuk melakukan structural
equation modelling (SEM). Hasil dari analisis SEM ini menghasilkan informasi
berupa outer model, model fit, inner model, uji koefisien determinasi (R2) dan uji t.
Dari analisis ini dapat diketahui seberapa besar pengaruh variabel kualitas
pelayanan, persepsi harga, citra, dan kepuasan dalam membentuk WOM. Dari
analisis ini juga dapat disimpulkan mengenai saran dan masukan khususnya untuk
pengelola objek wisata gua Pindul untuk meningkatkan WOM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, persepsi harga, dan
citra berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan. Kemudian kepuasan
berpengaruh secara langsung terhadap word of mouth. Maka dari itu dapat
disimpulkan untuk menunjang WOM, pengelola objek wisata Gua Pindul perlu
untuk memperhatikan perihal kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra.
Kata kunci : Word of mouth (WOM), kualitas pelayanan, persepsi harga, citra,
kepuasan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 03:19 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 04:15 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18706 |
Actions (login required)
View Item |