PERBAIKAN PROSES PRODUKSI BAJU BATIK UNTUK MEREDUKSI WASTE MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus pada Sogan Batik Rejodani, Yogyakarta)

Fauzi, Febri Ikhsan (2019) PERBAIKAN PROSES PRODUKSI BAJU BATIK UNTUK MEREDUKSI WASTE MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus pada Sogan Batik Rejodani, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_FEBRI IKHSAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_FEBRI IKHSAN.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_FEBRI IKHSAN.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_FEBRI IKSHAN.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanan di Sogan Batik Rejodani yang merupakan perusahaan konveksi yang bergerak di bidang produksi baju batik dengan berbagai macam model yang cukup terkenal di Yogyakarta. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah masih ditemukan beberapa waste seperti defect yang mengakibatkan kerugian dalam hal waktu, dan biaya, karena produk cacat harus di rework. maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mereduksi waste yang terjadi pada proses produksi baju batik. Oleh karena itu untuk mereduksi waste yang teridentifikasi tersebut digunakan pendekatan Lean Manufacturing dengan beberapa tools diantaranya Value Stream Mapping yang bertujuan menggambarkan aliran masuknya material hingga produk jadi. Pengedintifikasian waste diawali dengan penggambaran Current State Map, dengan penggambaran ini maka akan didapatkan waste yang dikategorikan kepada 7 waste. Setelah itu dilakukan Waste Assessment Model untuk mengidentifikasi waste yang paling dominan dan sangat berpengaruh terhadap waste lainnya. Setelah ditemukan waste paling dominan maka selanjutnya akan diberikan usulan rekomendasi perbaikan terhadap waste yang paling dominan. Setelah diberikan usulan perbaikan terhadap waste dominan, maka langkah terakhir adalah menggambarkan prediksi Future State Map. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa waste yang paling dominan dan sangat berpengaruh terhadap waste lainnya adalah defect. Hasil pengolahan data menujukan bahwa waste defect sangat berpengaruh sebesar 24,485% yang selanjutnya dilakukan usulan rekomendasi perbaikan menggunakan six sigma. Kata Kunci : Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Waste Assessment Model, Six Sigma

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:20
Last Modified: 13 Mar 2019 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18695

Actions (login required)

View Item View Item