PENGARUH TERPAAN VIDEO KLIP K-POP TERHADAP SIKAP KOMUNITAS DANCE COVER TENTANG BUDAYA POP KOREA

Chavanita, Eka Chrisna (2018) PENGARUH TERPAAN VIDEO KLIP K-POP TERHADAP SIKAP KOMUNITAS DANCE COVER TENTANG BUDAYA POP KOREA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of Hal. Pengesahaan.pdf]
Preview
Text
Hal. Pengesahaan.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Full.pdf] Text
Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepopuleran budaya Korea di Indonesia ini, meninggalkan dampak-dampak bagi para penggemarnya, yaitu akibat dari adanya peran media yang mampu menghasilkan suatu budaya massa yang populer, menyebabkan terpengaruhnya pemikiran masyarakat, khususnya komunitas korea di Yogyakarta. Korean Wave terus menerus menghipnotis pecinta Korea dengan Kpop sehingga mempengaruhi sikap pada budaya korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan video klip K-Pop terhadap sikap komunitas Dance Cover tentang budaya Pop Korea. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survey, populasi dalam penelitian ini adalah komunitas Dance Cover Jogja jumlah sampel sebanyak 87 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh terpaan video klip K-Pop terhadap sikap komunitas Dance Cover tentang budaya pop Korea. Hasil penelitian diperoleh terpaan video klip K Pop pada komunitas Dance Cover Yogyakarta diperoleh hasil sebagian besar responden dalam kategori tinggi, sikap pada budaya Korea diperoleh hasil masuk dalam kategori tinggi. Hasial korelasi Product Moment diperoleh adanya hubungan yang kuat antara hubungan terpaan video klip K Pop dengan sikap pada budaya Korea pada komunitas dance cover Yogyakarta. Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana didapatkan variabel sikap pada budaya Korea dapat dijelaskan oleh terpaan video Klip K Pop sebesar 46,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:34
Last Modified: 09 Aug 2022 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18683

Actions (login required)

View Item View Item