PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi pada PD. BPR BANK Daerah Gunungkidul)

Nurendra, Adityo Wahyu (2019) PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi pada PD. BPR BANK Daerah Gunungkidul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hal. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Adityo Wahyu Nurendra/152130006/ Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja karyawan (Studi pada PD. BPR BANK Daerah Gunungkidul). Dosen pembimbing : Dr. Meilan Sugiarto, S. M.Si dan Dr. H. Lukmono Hadi, M.Si Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis ada tidaknya pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja, ada tidaknya pengaruh Kepuasan kerja terhadap Budaya organisasi pada PD. BPR Bank Gunungkidul dan untuk menganilisis ada tidaknya pengaruh Budaya organisasi terhadap Kepuasan kerja pada PD. BPR Bank Gunungkidul. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PD. BPR Bank Gunungkidul. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah disproportionate stratified sampling yang berjumlah 33 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana dan path analyis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja, ada pengaruh yang signifikan karakteristik pekerjaan terhadap budaya organisasi dan ada pengaruh yang signifikan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja melalui budaya organisasi. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik pekerjaan dengan kepuasan kerja karyawan, hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (15,117 > 2,032) dan nilai signifikan pada tabel sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik pekerjaan dengan budaya organisasi, hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (11,600 > 2,032) dan nilai signifikan pada tabel sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan analisis jalur dapat disimpulkan bahwa pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung. Hasil uji sobel test disimpulkan bahwa secara signifikan ada pengaruh tidak langsung dari karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja melalui budaya organisasi.Saran dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu meningkatkan atau memperjelas pemahaman karakteristik pekerjaan dari masing-masing karyawan. Hendaknya dapat mempertahankan kepuasan kerja karyawan dan meningkatkan lagi budaya organisasi karena budaya organisasi terbukti dapat memediasi pengaruh karakteristik pekerjaant terhadap kepuasan kerja. Kata kunci : Karakteristik Perusahaan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:51
Last Modified: 28 Feb 2019 07:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18527

Actions (login required)

View Item View Item