PERANCANGAN ALAT PELOROT MALAM YANG ERGONOMIS DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus di Mantaran Batik Yogyakarta)

Pradhana, Yudha Adhi (2019) PERANCANGAN ALAT PELOROT MALAM YANG ERGONOMIS DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus di Mantaran Batik Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Proses pembuatan batik terdiri dari beberapa langkah dan salah satunya adalah proses pelorotan malam. Proses pelorotan malam di UKM Mantaran Batik masih menggunakan alat tradisional berupa panci dan tongkat. Pada penelitian sebelumnya telah dibuat alat pelorot malam namun masih memiliki beberapa kelemahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat pelorot malam ergonomis yang dapat mengatasi kelemahan pada alat pelorot malam sebelumnya. Metode yang digunakan untuk perancangan ini adalah Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD berfokus pada perancangan yang mengutamakan kebutuhan dan keinginan konsumen agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi keinginan konsumen. Ukuran dari alat disesuaikan dengan data antropometri pekerja agar dimensi alat sesuai dengan ukuran tubuh pekerja. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa rancangan alat yang telah disetujui oleh pekerja untuk kemudian diproduksi. Kemudian hasil lainnya berupa penurunan rata-rata tingkat kelelahan pada alat baru sebesar 47,91% pada perhitungan %CVL dari rata-rata tingkat kelelahan alat lama sebesar 52,51%. Hal tersebut berarti alat baru dapat mengurangi beban kerja pada pekerja. Kata Kunci: perancangan produk, Quality Function Deployment, alat pelorot malam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:04
Last Modified: 27 Feb 2019 08:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18520

Actions (login required)

View Item View Item