EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN DI KABUPATEN SLEMAN (Studi Evaluasi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta)

Dhewi, Winda Zanuanita (2019) EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN DI KABUPATEN SLEMAN (Studi Evaluasi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA INGGRIS.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI - TABEL - GAMBAR.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Program Gemarikan merupakan program pemerintah untuk membangun kesadaran gizi individu dan kolektif masyarakat melalui konsumsi ikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi strategi komunikasi Program Gemarikan milik Dinas Kelautan dan Perikanan DIY region Kabupaten Sleman. Peneliti menggunakan teori difusi inovasi untuk melihat proses dari inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dalam mengimplementasikan program Gemarikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, dan penelaahan dokumen. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY merupakan komunikasi tatap muka melalui sosialisasi Gemarikan dan pelatihan Alih Teknologi dan Informasi. Strategi komunikasi yang dilakukan pada program Gemarikan ini dapat mewujudkan tujuan utama strategi komunikasi yakni to secure understanding, to establish acceptance, dan to motivate action. Hasil dari pelaksanaan Gemarikan di Kabupaten Sleman dapat dikatakan berhasil. Evaluasi strategi komunikasi Gemarikan di Kabupaten Sleman dianalisis menggunakan analisis SWOT dengan penjabaran strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Pada penelitian ini, teori difusi inovasi berupa variasi pengolahan ikan yang disebarkan dengan paket pelatihan kepada calon adopter yang bertindak sebagai penerima aktif. Proses difusi inovasi ini mengandung lima unsur guna merubah sasaran program untuk mengadopsi suatu perilaku dengan tahap pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan tahap konfirmasi. Sebagai sebuah inovasi, pelatihan Alih Teknologi Informasi memiliki lima karakteristik sehingga mudah diadopsi oleh sasaran program yakni keuntungan relatif, kompabilitas, kerumitan, dapat diuji coba, serta dapat diobservasi. Kata Kunci : Gemarikan, Strategi Komunikasi, Analisis SWOT, Difusi Inovasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:50
Last Modified: 22 Feb 2019 02:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18473

Actions (login required)

View Item View Item