PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN OUTFLOW INFLOW (Studi Kasus Di CV. Rumah Mesin, Bantul, Yogyakarta)

Wardoyo, Luqmani (2019) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN OUTFLOW INFLOW (Studi Kasus Di CV. Rumah Mesin, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAAN (SCAN).pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI TA 2.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV. Rumah Mesin merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan penyediaan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, mesin olahan makanan, dll. CV Rumah Mesin memiliki rencana untuk melakukan perluasan area produksi. Tata letak saat ini belum memiliki area perakitan dan area uji coba. Perlu dilakukan relokasi pada mesin-mesin produksi untuk menyesuaikan pada area produksi yang telah diperluas. Pada penelitian ini digunkana Metode Systematic Layout Planning (SLP). Metode ini mencoba merancang tata letak fasilitas dengan memperhatikan urutan proses serta derajat kedekatan antar unit pelayanan yang terdapat pada fasilitas yang akan dirancang. Perancangan memggunakan mesin yang paling sering dipesan yaitu mesin pemasak abon. Setelah dilakukan perancangan tata letak perlu dilakukan validasi menggunakan 2 produk lain yaitu mesin pengupas kedelai dan mesin spinner. Dengan menggunakan Metode Systematic Layout Planning (SLP) diperoleh layout usulan dengan menghemat ongkos material handling pada mesin pemasak abon sebesar 12%. Pada validasi 2 produk lain mendapatkan penghematan biaya perpindahan material pada produk mesin pengupas kedelai sebesar 13% dan pada produk mesin spinner sebesar 1%. Kata Kunci: Tata Letak, Systematic Layout Planning, Material Handling

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 01 Feb 2019 07:08
Last Modified: 01 Feb 2019 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18314

Actions (login required)

View Item View Item