KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PENGANGKUTAN BATUBARA PIT RTSG PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE KIDECO JAYA AGUNG KABUPATEN PASER, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

PRADIPTA, PANDU (2018) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PENGANGKUTAN BATUBARA PIT RTSG PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE KIDECO JAYA AGUNG KABUPATEN PASER, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI-converted.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI-converted.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan dan abstract_3.pdf]
Preview
Text
Ringkasan dan abstract_3.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di PT. Pamapersada Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. PT. Pamapersada Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan Batubara.
Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh semua pihak perusahaan, karena dengan adanya jaminan keselamatan dan kesehatan kerja karyawan akan meningkat. Kegiatan pengangkutan Batubara merupakan tahapan kegiatan penambangan yang paling tinggi tingkat terjadinya kecelakaan. Tujuan utama dalam penelitian yang di lakukan di PT. Pamapersada Nusantara adalah menghitung statistik kecelakaan yang terjadi pada setiap tahunnya dengan menggunakan metode perhitungan statistik kecelakaan berdasarkan Standart Nasional Indonesia 13-6618-2001, juga dilakukan analisis untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Dilakukan pula evaluasi terhadap implementasi program keselamatan dan Kesehatan kerja. Dari hasil kajian diketahui:
a. Statistik kecelakaan tahun 2017 terdapat kecelakaan kerja dengan FR sebesar 31,7 dan SR sebesar 2,1
b. Terjadi kecelakaan pada kegiatan pengangkutan batubara disebabkan oleh 33,3% tindakan tidak aman dan 66,7% kondisi tidak aman.
c. Potensi-potensi bahaya yang ada pada serangkaian tahapan yaitu mobilisasi Dump truck dari parking area, dump truck memasuki area loading point, dumptruck mengantri di loading point, proses pengisian muatan batubara ke dumptruck, perjalanan dump truck menuju stockpile, unit melakukan dumping sehingga perlu dilakukan monitoring.
d. Berdasarkan elemen keempat pada Sistem Manajamen Keselamatan Pertambangan (SMKP), PT. Pamapersada Nusantara telah melaksanakan program-program Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Namun, masih ada beberapa program yang belum sepenuhnya terimplementasi sepenuhnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:15
Last Modified: 19 Feb 2024 08:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item