STRATEGI PROMOSI EFEKTIF JAVAFOODIE DALAM MENARIK KHALAYAK INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Media Sosial Instagram pada Akun Javafoodie)

Destriyani, Raniah (2018) STRATEGI PROMOSI EFEKTIF JAVAFOODIE DALAM MENARIK KHALAYAK INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Media Sosial Instagram pada Akun Javafoodie). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Saat ini media sosial sangat banyak digunakan pebisnis dalam melakukan suatu
usaha dengan cara melakukan promosi. Instagram di anggap sebagai media sosial
yang memiliki potensi tinggi dalam menawarkan sebuah barang atau jasa.
Keunggulan promosi melalui Instagram yaitu jangkauan yang tersedia sangat luas
dan tidak terbatas karena menggunakan fasilitas online. Penelitian ini mengkaji
mengenai strategi promosi efektif melalui media sosial Instagram dalam menarik
khalayak yang di lakukan oleh Javafoodie. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis strategi promosi yang efektif oleh Javafoodie sebagai foodstagram
untuk menarik khalayk Instagram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dengan berdasarkan teori New Media. Informan merupakan pemilik Javafoodie,
pengelola Javafoodie dan 3 konsumen dari Javafoodie. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis
melakukan cross check dengan informan yaitu owner, pengelola dan 3 khalayak.
Pada penelitian ini, strategi promosi yang dilakukan Javafoodie memiliki 3 unsur
yaitu informasi, komunikasi dan persuasi. Untuk menarik khalayak atau klien,
Javafoodie bersikap baik dalam melayani khalayak seperti membalas pesan dari
khalayak dengan cepat, memberi reward dan giveaway kepada klien dan khalayak
untuk meningkatkan kerja sama dan loyalitas. Peneliti juga menemukan
koumunikasi pemasaran online dengan pemanfaatan fitur (snapgram stories,
upload foto, caption, mention, hastag, geotagging) serta tampilan visual yang
dapat menarik perhatian khalayak. Javafoodie di media sosial bukan hanya untuk
memberi informasi promosi semata-mata, tetapi juga untuk memberitahukan apa
yang diberikan dan apa yang dijual. Promosi melalui media sosial Instagram
dinilai efektif oleh Javafoodie sebagai jasa promosi produk kuliner.
Kata Kunci : Strategi Pormosi, Media Sosial Instagram, New Media

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:15
Last Modified: 02 May 2023 08:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item View Item