KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM PASAR SEMI KAKILANGIT SEBAGAI DESTINASI DIGITAL

Sari, Rafi Ratna (2019) KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM PASAR SEMI KAKILANGIT SEBAGAI DESTINASI DIGITAL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2017, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Generasi Pesona Indonesia atau GenPi mencetuskan destinasi baru yakni Destinasi Digital. Destinasi Digital merupakan destinasi kekinian yang instagramable dan layak diviralkan. Pasar Semi Kakilangit merupakan salah satu Destinasi Digital yang terletak di Desa Wisata Kakilangit dan baru berjalan kurang lebih satu tahun. Sebagai destinasi baru, peran komunikasi sangat penting dalam proses perencanaan maupun pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pariwisata dalam Pasar Semi Kakilangit sebagai Destinasi Digital menggunakan metode penelitian kualitatif interpretif. Teori yang digunakan adalah teori kelompok kerja antarbudaya yang efektif gagasan dari Oetzel dan metode input-proses-output oleh Ludwig. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi beberapa perbedaan pemahaman dalam melakukan komunikasi pariwisata, terutama dalam melakukan brand destinasi. Terdapat beberapa nama dalam penyebutan destinasi ini serta belum ada kesepakatan logo dan tagline antara Pengurus Harian Pasar Semi Kakilangit dengan GenPi Jogja. Dalam komunikasi kelompok pariwisata, Pengurus Harian dan GenPi Jogja menggunakan media sosial sebagai media untuk melakukan komunikasi. Sedangkan pertemuan tatap muka dilakukan apabila akan diselenggarakan event besar. Terakhir, dalam komunikasi online pariwisata, GenPi Jogja memanfaatkan media online dan media sosial khususnya instagram untuk aktivitas promosi. Namun, peran serta Pengurus Harian dalam memahami pengertian istilah instagram, instagramable, dan Destinasi Digital belum maksimal sehingga perlu ditingkatkan agar dapat memacu perkembangan Pasar Semi Kakilangit. Kata kunci: Destinasi Digital, Komunikasi Pariwisata, Pasar Semi Kakilangit xii

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 11 Jan 2019 01:54
Last Modified: 11 Jan 2019 01:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17789

Actions (login required)

View Item View Item