PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTROPOMETRI (Studi Kasus di UMKM Semple Rasa Wijen Ny. Iis, Yogyakarta)

Mohammad, Daniel (2019) PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTROPOMETRI (Studi Kasus di UMKM Semple Rasa Wijen Ny. Iis, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTROPOMETRI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTROPOMETRI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTROPOMETRI.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTROPOMETRI.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Home industry Semple rasa wijen Ny. Iis adalah industri yang bergerak di bidang makanan yaitu kue semple. Kondisi aktual pada industri saat ini adalah ada beberapa keluhan yang dirasakan operator walau tidak berat tapi perlu mendapat perhatian karena kondisi ini berlangsung dalam tempo waktu yang cukup lama. Selain itu, penelitian ini juga merancang alat bantu kerja dan mengevaluasi kondisi kerja setelah dilakukan perbaikan dengan adanya penggunaan alat bantu kerja tersebut. Tahapan pertama penelitian ini adalah pengidentifikasian bagian-bagian tubuh yang mengalami keluhan digunakan kuesioner Nordic Body Maps. Data yang didapatkan adalah data keluhan musculoskeletal pada pekerja. Tahapan kedua penelitian ini adalah analisis RULA dan REBA. RULA dan REBA digunakan untuk mengetahui level risiko dan tindakan terhadap postur kerja. Tahapan ketiga adalah melakukan pengolahan data antropometri untuk mendapatkan ukuran meja pembakaran dan kursi yang sesuai ukuran tubuh pekerja, tahap selanjutnya adalah menggunakan metode perancangan alat, tahapan terakhir penelitian ini adalah analisis kembali menggunakan RULA dan REBA untuk menilai postur kerja pekerja ketika menggunakan meja pembakaran dan kursi usulan, kemudian di bandingkan juga perubahan waktu produktivitas pada saat menggunakan alat yang lama dengan alat usulan. Hasil identifikasi berdasarkan kuesioner Nordic Body Map diketahui bahwa pekerja mengalami keluhan paling banyak pada stasiun kerja pembakaran. Setelah dilakukan analiasis RULA dan REBA pada stasiun kerja tersebut, diketahui bahwa aktivitas kerja pada pembakaran memiliki skor akhir 7 dan 5 dengan level resiko tinggi. Perbaikan postur kerja dilakukan dengan membuat kursi dan meja pembakaran berdasarkan antropometri operator. Setelah penggunaan alat bantu kerja tersebut divalidasi menggunakan RULA dan REBA, skor akhir aktivitas pembakaran adalah 3 dan 3. Dimana skor tersebut termasuk dalam level resiko rendah sehingga masih dapat ditolerir apabila alat kerjanya digunakan. Kata Kunci : Postur kerja, Nordic Body Map, RULA, REBA, Antropometri x ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 09 Jan 2019 07:12
Last Modified: 09 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item View Item