Faisol, Mohammad Ali (2018) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Mirota Kampus Jalan Jogja-Solo Km 7 Babarsari). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (185kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar isi.pdf Download (113kB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (474kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Customer
Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan, yang Dimediasi oleh
Kepuasan pada Pelanggan Mirota Kampus Jalan Jogja-Solo Km 7 Babarsari.
Penelitian ini menggunakan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini
adalah pelanggan Mirota Kampus yang memiliki member card. Ukuran sampel
pada penelitian ini 60 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah
systematic random sampling populasi tak terhingga. Teknik analisis data
menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yang
menggunakan metode path analysis atau analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh signifikan antara customer
relationship management terhadap kepuasan dengan nilai t-hitung = 5,676 < ttabel
= 2,001. Ada pengaruh signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas
pelanggan dengan nilai t-hitung = 4,587 < t-tabel = 2,001. Ada pengaruh
signifikan customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan
dengan nilai t-hitung = 2,099 < t-tabel = 2,001. Ada pengaruh signifikan antara
customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi
oleh kepuasan dengan nilai t-hitung 3,751066 < t-tabel = 1,98.
Pada penelitian ini dibuktikan bahwa Customer relationship management
terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan. Oleh karena itu
Mirota Kampus harus meningkatkan customer relationship management dengan
cara memahami pelanggan yang memiliki member card untuk menumbuhkan rasa
emosional sehingga pelanggan merasa puas dan akan menjadi loyal.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Kepuasan, Loyalitas
Pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 02:18 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 02:18 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |