PENGUKURAN TINGKAT PROFESIONALITAS PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN METODA KOMPOSIT INDEKS (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Magelang )

WICAKSONO, ARIS (2018) PENGUKURAN TINGKAT PROFESIONALITAS PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN METODA KOMPOSIT INDEKS (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Magelang ). Masters thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan Undang-undang Aparatur Sipil Negara adalah membangun Aparatur Sipil Negara yang profesional. Sebagai bagian terpenting dari reformasi birokrasi terutama dalam upaya pengelolaan Pegawai Negeri Sipil sebagai human capital,maka pengukuran kualitas Pegawai Negeri Sipil adalah prasarat utama. Tanpa memiliki indikator yang spesifik, Pemerintah sulit untuk menjelaskan dan mengukur akuntabilitas kepada masyarakat mengenai kualitas Pegawai Negeri Sipil. Pemerintah juga akan kesulitan untuk membangun Pegawai Negeri Sipil karena data kualitas dari setiap komponen belum tersedia. Saat ini indikator sasaran kinerja utama dalam rangka meningkatkan profesionalitas sumber daya aparatur sebagai mana tertuang dalam Rencana Strategis Perangkat Daerah Kota Magelang periode 2016-2021 belum mampu memberi gambaran yang utuh untuk mengetahui capaian suatu program pembangunan sumber daya aparatur, sehingga perlu dilakukan penyempurnaan agar diperoleh indikator yang jelas dan terukur. Pengukuran profesionalitas Pegawai Negeri Sipil penting untuk mengetahui dan mengendalikan jumlah jabatan yang belum terisi, menyesuaikan kompetensi dengan jabatan, menyusun rencana pengembangan sumber daya aparatur yang lebih jelas. Selain dari itu, dari hasil pengukuran profesionalitas dapat diketahui tingkat pelanggaran disiplin untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan kedepan. Metoda yang digunakan dalam pengukuran tingkat profesionalitas adalah komposit indeks, dengan pendekatan empat dimensi yang meliputi kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin. Kata Kunci: Profesionalitas,Komposit Indeks,Kualifikasi,Kompetensi,Kinerja dan Disiplin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:01
Last Modified: 08 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item