PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KERTAS MENGGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (Studi kasus di CV Putra Kilau Lampuan, Surakarta)

Fauzan, Muhammad (2018) PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KERTAS MENGGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (Studi kasus di CV Putra Kilau Lampuan, Surakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. daftar isi.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Keberadaan supplier dan kemampuan untuk memasok bahan baku dalam waktu dan jumlah yang tepat serta harga yang kompetitif merupakan dua hal yang sangat penting dan harus dipertimbangkan. Pada umumnya bahan baku dapat dipasok oleh satu atau beberapa supplier, maka perusahaan sering dihadapan pada permasalahan mengenai pemilihan supplier. CV Putra Kilau Lampuan merupakan sebuah perusahaan percetakan yang dihadapkan dengan pengambilan keputusan bersifat multikriteria dalam memilih supplier. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan urutan prioritas supplier dalam proses pemesanan kertas untuk mendapatkan hasil produksi yang diinginkan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Analytic Network Process (ANP) untuk melakukan pengambilan keputusan multikriteria, yaitu dengan cara mendefinisikan masalah, menentukan pembobotan komponen, membuat matriks perbandingan berpasangan, dan menentukan nilai eigenvector. Hasil penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian Analytic Network Process (ANP) untuk melakukan pengambilan keputusan multikriteria, dapat disimpulkan bahwa terdapat kriteria yang digunakan sebagai landasan yaitu kualitas, pengiriman, fleksibilitas, harga, dan pelayanan. Dan urutan prioritas alternatif pemasok kertas berdasarkan kriteria adalah PT Abadi Jaya, PT Mitra Papirus Utama, dan UD Media Kertas. Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Urutan Prioritas Supplier, Analytic Network Process (ANP)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:20
Last Modified: 12 Dec 2018 02:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item