STUDI KELAYAKAN INVESTASI WINDBREAKER, RETAINING WALL DAN UNDERGROUND HOPPER DOME (Studi kasus di PT Lestari Banten Energi, Serang, Banten)

Prabhawa, Nanda Dhanika (2018) STUDI KELAYAKAN INVESTASI WINDBREAKER, RETAINING WALL DAN UNDERGROUND HOPPER DOME (Studi kasus di PT Lestari Banten Energi, Serang, Banten). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Lestari Banten Energi (PT LBE) adalah sebuah Independent Power Producer yang merupakan anak perusahaan dari Genting Group dan saat ini PT LBE telah mengembangkan PLTU Power Plant dengan kapasitas sebesar 1×660 MW. Seiring dengan berjalannya masa operasional, PT LBE memutuskan untuk meningkatkan performa perusahaan dengan merencanakan pembangunan investasi berupa fasilitas pendukung di departemen operation, khususnya pada sektor Coal and Ash Handling. Fasilitas tersebut terdiri dari wind breaker yang berfungsi untuk menahan terpaan angin laut, retaining wall untuk menahan batubara agar tidak longsor ke dalam saluran air dan underground hopper dome untuk melindungi batubara agar tidak terkena hujan. Pada saat musim hujan, kalori batubara akan berkurang secara signifikan akibat kelembaban dan kandungan air dalam batubara yang meningkat. Hal ini menjadi penyebab menurunnya kualitas batubara dan dapat mengakibatkan pembakaran batubara untuk membangkitkan energi menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan rencana pembangunan fasilitas windbreaker, retaining wall dan underground hopper dome untuk 5 tahun yang akan datang. Penelitian ini diawali dengan menghitung harga batubara acuan merek dagang Ecocoal, diikuti dengan menentukan konsumsi bahan bakar spesifik dan biaya pembangkitan pada musim hujan dan musim kemarau yang akan disubstitusikan sebagai pendapatan perusahaan tiap tahunnya dengan proporsi biaya investasi sebesar 52,27% dari total biaya investasi yang dilakukan oleh perusahaan pada sektor Coal and Ash Handling. Berdasarkan pendapatan yang disubstitusikan dari biaya pembangkitan, berikutnya penelitian dilanjutkan dengan kajian aspek finansial yang dimulai dengan mengumpulkan data berupa biaya investasi dan biaya operasional, lalu menghitung umur ekonomis investasi, inflasi dan asumsi pinjaman bank untuk ditampilkan ke dalam bentuk proyeksi laba rugi dan aliran kas yang akan dihitung selama 5 tahun. Evaluasi kelayakan investasi dilakukan dengan mengacu pada metodemetode kelayakan investasi seperti Nett Present Value, Internal Rate of Return, Profitability Index dan Payback Period yang dapat memberikan hasil apakah investasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam jangka waktu 5 tahun ke depan layak atau tidak layak. Terkahir, dalam penelitian ini akan dilakukan analisis sensitivitas dengan mempertimbangkan faktor-faktor biaya seperti penurunan pendapatan dan peningkatan biaya operasional. Kata kunci: PLTU, studi kelayakan, analisis sensitivitas, konsumsi bahan bakar spesifik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Dec 2018 07:02
Last Modified: 05 Dec 2018 07:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item