PERANCANGAN SISTEM PARKIR TEPI JALAN UMUM MENGGUNAKAN SIMULASI DISTRIBUSI HEADWAY DI JALAN AFFANDI (GEJAYAN) KABUPATEN SLEMAN

Budiman, Arif (2018) PERANCANGAN SISTEM PARKIR TEPI JALAN UMUM MENGGUNAKAN SIMULASI DISTRIBUSI HEADWAY DI JALAN AFFANDI (GEJAYAN) KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover Skripsi Arif Budiman 122140044.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan Arif Budiman 122140044.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak Arif Budiman 122140044.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi Arif Budiman 122140044.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jl. Affandi (Gejayan) merupakan jalan yang cukup padat dilalui masyarakat kota Yogyakarta dikarenakan banyaknya lokasi pertokoan dan lingkungan usaha. Dengan banyaknya tempat usaha maka muncul permintaan akan tempat parkir bagi pelanggan yang ingin memakirkan kendaraannya. Lahan yang kurang, mengakibatkan kemacetan di ruas jalan Affandi pada titik tertentu. Penelitian ini merancang sistem parkir tepi jalan umum yang tepat sehingga kemacetan yang terjadi di Jalan Affandi dapat berkurang. Adapun software yang digunakan dalam penelitian ini adalah ARENA. Lokasi-lokasi yang ditargetkan adalah titik temu antara jalan memutar dan parkir tepi jalan umum yang seringkali terjadi penumpukan. . . Hasil simulasi sistem nyata kemudian dijadikan dasar untuk membuat skenario baru. Pada penelitian ini dibangun 2 skenario. Skenario pertama dilakukan untuk memindahkan lokasi parkir kearah selatan. Sedangkan skenario yang kedua adalah memindahkan lokasi parkir dan juga mengatur posisi kendaraan agar ruang yang ada dapat digunakan secara optimal. Berdasarkan pengolahan data, skenario terpilih adalah skenario kedua karena jumlah kendaraan yang dapat keluar dari titik temu putaran dan parkir lebih banyak dan durasi kendaraan pada titik tersebut lebih singkat dibandingkan dengan skenario yang pertama Kata kunci: jalan, kemacetan, jumlah kendaraan, parkir, simulasi, ARENA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:09
Last Modified: 05 Dec 2018 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item