PENGUKURAN TEKNOLOGI DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN TEKNOMETRIK DAN SERVQUAL (Studi Kasus di PT Pos Indoesia, Yogyakarta)

Ardliansyah, Rizki (2018) PENGUKURAN TEKNOLOGI DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN TEKNOMETRIK DAN SERVQUAL (Studi Kasus di PT Pos Indoesia, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI PERPUS PUSAT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Teknologi dan pelayanan merupakan kunci dari kepercayaan masayarakat terhadap sebuah perusahaan. Pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada suatu industri jasa pengiriman adalah dengan menawarkan jasa dengan harga yang terjangkau, penyerahan lebih cepat, dan pelayanan yang memuaskan terhadap konsumen. Selain hal tersebut perusahaan juga memerlukan teknologi yang mendukung untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam industri jasa dikarenakan kemampuan suatu perusahaan dalam mengadopsi teknologi memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap persaingan industri sejenis. Persaingan ketat terjadi antar perusahaan yang bergerak di industri jasa pengiriman seperti PT POS Indonesia dengan PT JNE, dimana PT JNE yang leih muda dari PT PT POS Indonesia mampu menjadi jasa kurir yang diminati berdasarkan Top Brand Index pada tahun 2015 sampai 2017 dengan presentase 43,5%, 47,6% dan 49,4%. Sedangkan PT POS Indonesia mempunyai presentase dari 6,7% sampai 7,9% saja. Dari data tersebut pemilihan PT POS sebagai objek penelitiian dan PT JNE sebagai pembanding. Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan pengukuran teknologi dan kualitas pelayanan pelanggan di PT POS Indonesia. Metode yang digunakan untuk merespon kebutuhan dan keinginan pelanggan ialah metode teknometrik dan servqual. Metode teknometrik digunakan untuk mengukur kontribusi gabungan dari masing – masing komponen teknologi dengan fasilitas fisik yang digunakan, kemampuan dari sumber daya manusianya, fakta – fakta yang terjadi selama proses pengiriman, serta kerangka kerja organisasi pada kedua perusahaan tersebut. Kontribusi gabungan ini selanjutnya disebut kontribusi teknologi yang terbentuk oleh keempat komponen teknologi pada fasilitas transformasi. Kata kunci : Pengukuran teknologi, Kualitas pelayanan, Service Quality (servqual), Teknometrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:36
Last Modified: 04 Dec 2018 04:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item