KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN TANAH PENUTUP TAMBANG BATUBARA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK LOA JANAN KALIMANTAN TIMUR

ZUHDI SUTOWO, KISMO (2018) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN TANAH PENUTUP TAMBANG BATUBARA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK LOA JANAN KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

PT. Pamapersada Nusantara Distrik Loa Janan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan padamana perusahaan ini sebagai kontraktor perusahaan PT. Anugerah Bara Kaltim. Dalam kegiatan penambangan, PT. Pamapersada Nusantara Distrik Loa Janan mengelola tambang batubara. Lokasi penelitian berada di Pit Durian yang terletak di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Penggalian pemuatan tanah penutup saat ini dilakukan menggunakan excavator Komatsu PC1250SP serta alat angkut menggunakan dump truck Komatsu HD785-7. Jarak angkut dari front penambangan menuju disposal ialah 1.250-1.600 m. Permasalahan yang terjadi saat ini ialah belum tercapainya target produksi tanah penutup sebesar 250.000 bcm/bulan. Produksi aktual 1 fleet di pit Durian dengan kombinasi alat muat dan alat angkut sebesar 188.514 bcm/bulan atau baru terpenuhi sebesar 75,4% dari target produksi. Hal ini disebabkan rendahnya waktu kerja efektif akibat dari hambatan-hambatan yang ada sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi tanah penutup dapat tercapai yaitu dengan meningkatan waktu kerja dengan cara menganalisis waktu hambatan yang dapat mengurangi waktu hambatan dari alat muat maupun alat angkut sehingga efisiensi kerja alat muat dan alat angkut dapat meningkat. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif dengan mengurangi hambatan kerja berupa slippery time didapatkan peningkatan efisiensi kerja sehingga kemampuan produksi alat mampu mencapai 254.422 bcm/bulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:30
Last Modified: 31 Oct 2018 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item