Prakoso, Iko Romario (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OBYEK MATA AIR COKRO KLATEN JAWA TENGAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN (Studi Deskriptif Strategi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Dalam Mempromosikan Obyek Mata Air Cokro). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
Abstrak.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
Cover depan.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Klaten merupakan daerah yang memiliki banyak potensi destinasi pariwisata. Banyaknya potensi ini membuat pemerintah perlu melakukan sebuah strategi pariwisata agar tetap menarik perhatian bagi para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Penelitian ini mengkaji mengenai strategi pemasaran yang dijalankan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten dalam mempromosikan Obyek Mata Air Cokro. Tujuannya adalah mendeskripsikan dan mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Obyek Mata Air Cokro. Jenis penelitian ini adalah deskiptif kualitatif, data yang digunakan bersumber dari data primer berupa wawancara, arsip Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten, dan media sosial resmi yang dimiliki Dinas Pariwisata. yang menjadi subjek penelitian adalah Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten dan yang menjadi objek penelitian yaitu Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Air Cokro. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi langsung ke lapangan dan mengumpulkan data-data yang didapat dari Dinas Pariwisata dan yang bersifat offline maupun online. Hasil penelitian menemukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten menerapkan komunikasi pemasaran dengan melakukan strategi Promotion Mix elemen dari Komunikasi Pemasaran, untuk promosinya menggunakan iklan above the line (surat kabar) dan below the line (brosur, booklet, kalender acara tahunan), sedangkan untuk interactive/internet marketing menggunakan website dan media sosial (instagram, facebook, website), untuk promosi penjualan melakukan (pameran, kerjasama dengan agen travel, kerjasama dengan forum promosi, word of mouth marketing), sedangkan untuk pubisitas/public relations melaksanakan (acara padusan dan pentas music dangdut) Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten telah berhasil dalam melakukan perencaan strategi dan pelaksanaan strategi, hal ini dapat di lihat dari peningkatkan wisatawan yang berkunjung dari tahun 2015 hingga juni 2018, selain itu Obyek Mata Air Cokro saat ini telah menjadi destinasi wisata unggulan dan di kenal luas oleh masyarakat nusantara dan lokal. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Strategi Promosi, Ekowisata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 02:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 02:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17019 |
Actions (login required)
View Item |