ANALISIS MAKNA DAN PESAN DALAM IKLAN TELEVISI DJI SAM SOE 234 VERSI “99 TAHUN CITARASA LEGENDARIS”

Theon, Nicky Anderson (2018) ANALISIS MAKNA DAN PESAN DALAM IKLAN TELEVISI DJI SAM SOE 234 VERSI “99 TAHUN CITARASA LEGENDARIS”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (86kB)

Abstract

Pada umumnya iklan rokok dinilai sebagai iklan yang persuasif dengan segala
bentuk tampilan visualnya. Iklan rokok yang paling sering kita lihat salah satunya
adalah di televisi. Televisi memiliki peranan yang cukup besar sebagai salah satu
media untuk mempromosikan iklan untuk menyampaikan pesan dan makna
sebuah iklan sebagai alat untuk mempromosikan produknya. Masalahnya iklan
rokok dapat mempengaruhi masyarakat dengan tampilan visual yang lain dari
iklan televisi pada umumnya. Salah satu iklan televisi yang memiliki daya tarik
dengan durasi cukup panjang yang dimiliki adalah iklan rokok Dji Sam Soe versi
99 tahun. Penelitian ini membahas mengenai analisis makna dan pesan dalam
iklan televisi Dji Sam Soe 234 versi “99 tahun Citarasa Legendaris”. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui makna dan pesan yang terkandung dalam iklan
televisi rokok Dji Sam Soe 234 versi “99 tahun Citarasa Legendaris”. Adapun
manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, masukan ataupun
wawasan bagi akademisi Ilmu Komunikasi dalam pengembangan kajian terkait
teori-teori yang berhubungan dengan semiotika dan periklanan. Dalam proses
analisis, penelitian ini menggunakan teori semiotika model Roland Barthes, dan
teori lainnya seperti komunikasi massa, iklan, media televisi, dan sinematografi.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa makna yang terkandung dalam iklan
televisi Dji Sam Soe 234 versi 99 Tahun Citarasa Legendaris adalah produsen
ingin mengingatkan kembali mengenai perjalanan panjang Dji Sam Soe 234
sebagai produk rokok yang telah melegenda di Indonesia, serta konsisten pada
citarasa yang dimiliki. Sedangkan pesan yang ingin disampaikan yaitu adanya
edisi khusus dari rokok Dji Sam Soe 234 yang di desain khusus untuk merayakan
ulang tahun yang ke 99 tahun.
Kata kunci: komunikasi, iklan, televisi, semiotika

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, iklan, televisi, semiotika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:29
Last Modified: 01 Mar 2024 03:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item