Theon, Nicky Anderson (2018) ANALISIS MAKNA DAN PESAN DALAM IKLAN TELEVISI DJI SAM SOE 234 VERSI “99 TAHUN CITARASA LEGENDARIS”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (228kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (75kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (15kB) | Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (86kB) |
Abstract
Pada umumnya iklan rokok dinilai sebagai iklan yang persuasif dengan segala
bentuk tampilan visualnya. Iklan rokok yang paling sering kita lihat salah satunya
adalah di televisi. Televisi memiliki peranan yang cukup besar sebagai salah satu
media untuk mempromosikan iklan untuk menyampaikan pesan dan makna
sebuah iklan sebagai alat untuk mempromosikan produknya. Masalahnya iklan
rokok dapat mempengaruhi masyarakat dengan tampilan visual yang lain dari
iklan televisi pada umumnya. Salah satu iklan televisi yang memiliki daya tarik
dengan durasi cukup panjang yang dimiliki adalah iklan rokok Dji Sam Soe versi
99 tahun. Penelitian ini membahas mengenai analisis makna dan pesan dalam
iklan televisi Dji Sam Soe 234 versi “99 tahun Citarasa Legendaris”. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui makna dan pesan yang terkandung dalam iklan
televisi rokok Dji Sam Soe 234 versi “99 tahun Citarasa Legendaris”. Adapun
manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, masukan ataupun
wawasan bagi akademisi Ilmu Komunikasi dalam pengembangan kajian terkait
teori-teori yang berhubungan dengan semiotika dan periklanan. Dalam proses
analisis, penelitian ini menggunakan teori semiotika model Roland Barthes, dan
teori lainnya seperti komunikasi massa, iklan, media televisi, dan sinematografi.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa makna yang terkandung dalam iklan
televisi Dji Sam Soe 234 versi 99 Tahun Citarasa Legendaris adalah produsen
ingin mengingatkan kembali mengenai perjalanan panjang Dji Sam Soe 234
sebagai produk rokok yang telah melegenda di Indonesia, serta konsisten pada
citarasa yang dimiliki. Sedangkan pesan yang ingin disampaikan yaitu adanya
edisi khusus dari rokok Dji Sam Soe 234 yang di desain khusus untuk merayakan
ulang tahun yang ke 99 tahun.
Kata kunci: komunikasi, iklan, televisi, semiotika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, iklan, televisi, semiotika |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 03:29 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 03:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16966 |
Actions (login required)
View Item |