Syukron, Ahkmad (2018) PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM “@Ganjar Pranowo” TERHADAP SIKAP FOLLOWERS MENDUKUNG GANJAR PRANOWO SEBAGAI CALON GUBERNUR JAWA TENGAH 2018. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Pada era serba modern dan canggih ini, bermunculan media-media baru berjaringan yang mengubah cara berkomunikasi masyarakat. Munculnya media jejaring sosial seperti Instagram digunakan untuk melakukan interaksi sosial. Hal ini yang dimanfaatkan Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur Jawa Tengah 2018 untuk menarik dukungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan media sosial instagram @ganjar_pranowo terhadap sikap followers untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur Jawa Tengah 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perbedaan individu, sikap, dan perilaku pemilih. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian survei deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah followers @ganjar_pranowo, jumlah sampel 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,547, yang berarti bahwa hubungan terpaan media sosial Instagram @ganjar_pranowo dengan sikap followes masuk dalam kategori sedang dan signifikan. Terpaan media sosial instagram @ganjar_pranowo mempunyai pengaruh sebesar 29,9% terhadap sikap followers mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur Jawa Tengah 2018 sedangkan 70,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata kunci : Media sosial, sikap, followers ABSTRACK In this modern and sophisticated era, new networked media has changes the way people communicate. The emergence of social media networking such as Instagram has used for social interaction. This thing was used by Ganjar Pranowo as a 2018 governor candidate of Central Java to attract the citizens support. The purpose of this study was to determine the relationship between the influence of @ganjar_pranowo's instagram exposure to follower's attitudes for support Ganjar Pranowo as 2018 governor candidate of Central Java. The using theory in this study is the theory of individual differences, attitudes, and voter behavior. This research method uses quantitative methods and descriptive survey research, the population in this study is @ganjar_pranowo followers, including 100 people for total samples. The data analysis techniques using correlation product moment. The result of analysis correlation product moment is 0.547, which means the exposure on @ganjar_pranowo's Instagram account to the attitude of followers is the medium and significant category. The exposure percentage of @ganjar_pranowo Instagram has 29.9% to influenced the follower's attitude for supporting Ganjar Pranowo as 2018 governor candidate of Central Java while 70.1% is influenced by other variables. Keyword : Social media, attitude, followers
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 02:58 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 02:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16946 |
Actions (login required)
View Item |