ANALISIS DAYA SAING DAN TREND EKSPOR CPO (CRUDE PALM OIL) INDONESIA DI PASAR INDIA DAN CHINA

WAHYUNINGSIH, SITI NURIA (2018) ANALISIS DAYA SAING DAN TREND EKSPOR CPO (CRUDE PALM OIL) INDONESIA DI PASAR INDIA DAN CHINA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SITI NURIA W_135140051_COVERSKRIPSI_DR IR BUDIARTO MP.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI NURIA W_135140051_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI NURIA W_135140051_ABSTRAK_DR IR BUDIARTO MP.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI NURIA W_135140051_DAFTAR ISI_DR IR BUDIARTO MP.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis daya saing CPO (Crude Palm Oil) dan turunan CPO Indonesia terhadap Malaysia di Pasar India dan China 2) Menganalisis trend ekspor produk CPO dan turunan CPO Indonesia di pasar India dan China beberapa tahun mendatang. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data timeseries tahunan 2001 sampai 2016 dan bulanan januari 2006 sampai april 2017 mengenai ekspor dan Impor CPO dan turunan CPO di pasar India dan China. Metode pengumpulan data adalah pencatatan/dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis daya saing menggunakan indikator RCTA (Revealed Comparative Trade Advantage), CEP (Comparative Export Performance), RA (Rasio Akselerasi) dan MSI (Market Share Index). Untuk analisis trend ekspor menggunakan ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Indonesia memiliki daya saing yang relatif lebih baik untuk pasar India dibandingkan Malaysia pada semua indikator kecuali indikator kemampuan merebut pasar pesaing, kedua negara sama. Pada ekspor CPO mentah ke pasar China Indonesia memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan relatif yang lebih tinggi serta memiliki kemampuan merebut pasar pesaing dan tingkat market share yang sama dibandingkan Malaysia. Pada ekspor turunan CPO ke pasar China, Indonesia memiliki keunggulan relatif yang lebih tinggi, keunggulan kompetitif dan kemampuan merebut pasar pesaing yang sama, dan memiliki tingkat market share lebih rendah dibandingkan dengan Malaysia. 2) Trend ekspor CPO mentah dan turunannya sampai periode Desember 2019 membaik untuk pasar India dan tidak membaik untuk pasar China. Kata Kunci: Daya Saing, Trend Ekspor, CPO, Turunan CPO

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:14
Last Modified: 11 Oct 2018 02:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item