PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERHITUNGAN RETRIBUSI PARKIR TEPI JALAN UMUM MENGGUNAKAN METODE FUZZY SUGENO (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Wibowo, Yunanda Aldi (2018) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERHITUNGAN RETRIBUSI PARKIR TEPI JALAN UMUM MENGGUNAKAN METODE FUZZY SUGENO (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fasilitas parkir yang ada di Sleman merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tetapi, pendapatan dari retribusi parkir belum terserap secara maksimal. Penentuan jumlah setoran retribusi parkir tepi jalan umum (RTJU) saat ini dihitung berdasarkan kontrak yang disepakati antara pengelola parkir dengan Dishub berdasarkan pertimbangan hasil survei potensi parkir oleh Dishub. Sistem tersebut dirasa belum bisa memaksimalkan potensi PAD dari retribusi parkir, karena jumlah setoran retribusi parkir tidak ditentukan berdasarkan pendapatan parkir yang terus meningkat. Penelitian ini bermaksud merancang Sistem Pendukung Keputusan untuk memperhitungkan setoran RTJU dengan metode Fuzzy Sugeno sehingga penentuan setoran RTJU dapat disesuaiakan dengan data di lapangan secara real time. Metode Fuzzy Sugeno digunakan untuk mengetahui jumlah setoran RTJU berdasarkan kriteria yang ditentukan. Pada penelitian ini SPK dibangun dengan aplikasi berbasis web dan database MySQL. Pada perancangan SPK dibantu dengan flowchart, DFD, ERD, relasi antar tabel, dan desain database untuk mempermudah pembangunan aplikasi. Berdasarkan pengolahan data dan analisis, diperoleh jumlah setoran RTJU yang baru. Jumlah setoran RTJU tersebut berbeda dari jumlah yang ditentukan di kontrak. Hasil dari RTJU baru ada yang lebih banyak dan ada yang lebih sedikit dari kontrak karena hasil perhitungan ditentukan berdasarkan kondisi nyata dari periode setoran ditentukan. Hal tersebut dapat digunakan sebagai koreksi jumlah setoran RTJU sehingga Disshub dapat menentukan RTJU berdasarkan kondisi dari pengelola parkir sendiri. Kata kunci: SPK, fuzzy sugeno, retribusi tepi jalan umum, Pendapatan Asli Daerah, Dishub

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:08
Last Modified: 11 Oct 2018 02:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16904

Actions (login required)

View Item View Item