ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN PRODUK GARMEN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) (Studi Kasus di PT Textile Republic Klaten)

Saputera, Al Furqon (2018) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN PRODUK GARMEN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) (Studi Kasus di PT Textile Republic Klaten). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia industri rantai pasok memperoleh perhatian yang cukup besar karena rantai pasok merupakan suatu bagian integral dari strategi perusahaan dan aktivitas yang paling mahal. PT Textile Republic Klaten merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang garment salah satu produknya berupa jaket. Perusahaan tersebut memproduksi berdasarkan permintaan dari buyer dan memiliki sistem make to order (MTO). Perusahaan memiliki 90% buyer berasal dari luar negeri dan 10% dari lokal sehingga perusahaan dituntut untuk siap bersaing dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan tepat waktu.
Penelitian ini membahas tentang pengukuran kinerja rantai pasok sebagai bahan evaluasi perusahaan untuk kedepannya. Sejak berdirinya di tahun 2014 perusahaan belum pernah mengukur kinerja rantai pasok perusahaan. Rantai pasok memiiliki peran yang sangat penting dan perlu evaluasi kinerja rantai pasok agar dapat dilakukan peningkatan dimulai dari sisi hulu sampai sisi hilir pada rantai pasok perusahaan. Penyelesaian masalah dengan menggunakan metode metode supply chain operation reference (SCOR). Metode SCOR dipilih karena pengukuran pada metode tersebut meliputi aktivitas supply chain dari sektor hulu hingga hilir. Kemudian dalam melakukan pembobotan tingkat kepentingan menggunakan metode analytical hierarchi process (AHP).
Hasil penelitian kinerja rantai pasok perusahaan sebesar 76,12 dengan skala 0-100. Hal ini menunjukan bahwa kinerja dari supply chain di PT Textile Republic Klaten termasuk baik. Usulan yang dapat diberikan adalah meningkatkan nilai kinerja yang memiliki nilai rendah diantaranya pada aspek source pada biaya dan kemampuan pemasok memenuhi permintaan perusahaan.
Kata Kunci: supply chain, pengukuran kinerja rantai pasok, SCOR, AHP, Industri garmen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:10
Last Modified: 03 May 2023 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16896

Actions (login required)

View Item View Item