ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK SMARTPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG DAN OPPO (Studi pada Warga Masyarakat Dukuh Sambeng, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten)

YUNIARTA, NURRAHMAN FAJAR (2018) ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK SMARTPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG DAN OPPO (Studi pada Warga Masyarakat Dukuh Sambeng, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui tentan adakah perbedaan persepsi kualitas antara Smartphone Android Merek Samsung dan Oppo pada kisaran harga Rp. 2.500.000 – Rp. 3.500.000. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Dusun Sambeng, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Metode Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif Komparatif. Populasi pada penelitian ini meliputi masyarakat Dusun Sambeng, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten yang pernah memakai Smartphone android merek samsung dan Oppo. Teknik sampling yang digunakan menggunakan Simple Random Sampling. Jumlah populasi sebesar 152 warga kemudian setelah dihitung menggunakan rumus slovin menghasilkan sampel sebesar 60. Ukuran sampel 60 responden merupakan warga yang pernah memakai Smartphone android merek Samsung dan Oppo. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Uji PQ (Perceived Quality) dari Darmadi Durianto (2001). Berdasarkan hasil perhitungan metode Perceived Quality pada Produk Smartphone menunjukan bahwa total PQ relatif atribut sebesar 0,0455 atau 4,55 % dan bobot tingkat kepentinganya adalah 0,0455 atau 4,55 %. Sedangkan pada Smartphone Oppo kisaran harga menunjukan bahwa total PQ relatif atribut sebesar 0,0455 atau 4,55 % dan bobot tingkat kepentinganya adalah 0,0455 atau 4,55 %. Dari perhitungan tersebut persepsi konsumen terhadap kualitas produk yang pernah menggunakan kedua Smartphone tersebut dinilai sudah baik karena masing-masing atribut bobot nilai PQ relatifnya sudah diatas nilai total PQ relatif. Untuk mengetahui perbedaan Perceived Quality dilakukan Uji Beda Paired Samples Test dan setelah dilakukan Uji Beda dengan menggunakan Software SPSS menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,598 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara Smartphone Samsung dan Oppo pada kisaran Harga Rp. 2.500.000 – Rp. 3.500.000. Kata Kunci : Perceived Quality, Samsung, Oppo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:08
Last Modified: 10 Oct 2018 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16891

Actions (login required)

View Item View Item