PENJADWALAN BATCH ORDER DINAMIS SISTEM PRODUKSI FLOW SHOP UNTUK MEMINIMASI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN ORDER DAN WAKTU LEMBUR (Studi kasus di PT Mitra Rekatama Mandiri, Klaten, Jawa Tengah)

Satrio, Hisyam Dwi (2018) PENJADWALAN BATCH ORDER DINAMIS SISTEM PRODUKSI FLOW SHOP UNTUK MEMINIMASI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN ORDER DAN WAKTU LEMBUR (Studi kasus di PT Mitra Rekatama Mandiri, Klaten, Jawa Tengah). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 3. TA_Hisyam Dwi Satrio_Cover.pdf]
Preview
Text
3. TA_Hisyam Dwi Satrio_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 2. TA_Hisyam Dwi Satrio_Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. TA_Hisyam Dwi Satrio_Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 4. TA_Hisyam Dwi Satrio_Lembar pengesahan SCAN.pdf]
Preview
Text
4. TA_Hisyam Dwi Satrio_Lembar pengesahan SCAN.pdf

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of 5. TA_Hisyam Dwi Satrio_Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. TA_Hisyam Dwi Satrio_Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

PT Mitra Rekatama Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur pengecoran logam, non logam dan permesinan dengan menggunakan sistem produksi make to order dan mempunyai aliran flowshop. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menyusun penjadwalan batch order dinamis pada sistem produksi flow shop menggunakan pendekatan dispatching rule dengan prioritas Earliest Due Date (EDD) untuk meminimasi keterlambatan penyelesaiaan order dan waktu lembur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penjadwalan batch order dinamis pada sistem produksi flow shop menggunakan pendekatan dispatching rule dengan prioritas Earliest Due Date. Metode ini dimaksudkan untuk memberikan usulan penjadwalan yang optimal untuk perusahaan sehingga hasil yang didapat menjadi lebih optimal untuk meminimasi keterlambatan penyelesaiaan order dan waktu lembur.
Berdasarkan data perusahaan rata-rata keterlambatan penyelesaian order pada bulan Oktober 2017 dengan menjadwalkan 16 order memperoleh rata – rata keterlambatan penyelesaian order sebesar 3,81 jam. Sedangkan dengan menggunakan algoritma penjadwalan yang digunakan membuat rata-rata keterlambatan penyelesaian order berkurang menjadi 0,66 jam. Penjadwalan ulang yang dilakukan memperbaiki penjadwalan perusahaan hingga 82% lebih efektif dalam mengatasi rata-rata keterlambatan penyelesaian order. Total biaya lembur yang dikeluarkan perusahaan sebesar Rp. 2.753.650,00 dan setelah dilakukan penjadwalan ulang berkurang menjadi sebesar Rp. 590.150,00. Pengurangan biaya lembur menghemat sebesar Rp.2.163.500,00.
Kata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:51
Last Modified: 05 Sep 2023 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16698

Actions (login required)

View Item View Item