STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA BUDAYA DAN SEJARAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Candi Ijo Oleh Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara)

MUBAROKAH, LAELATUL (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA BUDAYA DAN SEJARAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Candi Ijo Oleh Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data perkembangan kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta tahun 2017 terlihat perkembangannya selalu meningkat. Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan komunikasi pemasaran melalui media komunikasi pemasaran melalui media media internet yaitu website Visitingjogja. Salah satu wisata budaya dan sejarah Candi Ijo menyuguhkan pemandangan sunset yang indah serta sejarah candi tertinggi di Yogyakarta. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran Candi Ijo untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta faktor-faktor apa saja yang ikut berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Candi Ijo serta menganalisis faktor-faktor yang ikut berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancenegara ke Candi Ijo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model komunikasi web dan Community- Bassed Tourism (CBT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi pemasaran oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Sleman menggunakan advertising, public relations dan dan pemasaran langsung (direct marketing). Advertising dengan informasi, membujuk, dan mengingatkan wisatawan mengenai keberadaan objek wisata melalui media cetak, radio, media luar ruangan. Perencanaan event-event yang diselenggarakan, jumpa pers, serta event-event kepariwisataan seperti tour familization trip/ famtrip dan periklanan dan publisitas secara online melalui website. Strategi yang paling berpengaruh meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara adalah event-event dan publisitas secara online melalui website. Faktor yang ikut berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara yaitu faktor cerita sejarah dan keindahan sunset yang terdapat di Candi Ijo. Kata kunci : Strategi, komunikasi pemasaran, wisata budaya dan sejarah, Candi Ijo, Yogyakarta xv ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 01 Oct 2018 03:33
Last Modified: 01 Oct 2018 03:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item