ANALISA STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN UNTUK IDENTIFIKASI CEKUNGAN DAN STRUKTUR GEOLOGI BERDASARKAN DATA GRAVITASI PADA LAPANGAN “PXE” DAERAH KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH

Aulia, Ahmad Ridwan (2018) ANALISA STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN UNTUK IDENTIFIKASI CEKUNGAN DAN STRUKTUR GEOLOGI BERDASARKAN DATA GRAVITASI PADA LAPANGAN “PXE” DAERAH KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER_Ahmad Ridwan Aulia_115140069.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_Ahmad Ridwan Aulia_115140069.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK_Ahmad Ridwan Aulia_115140069.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_Ahmad Ridwan Aulia_115140069.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan terhadap minyak dan gas bumi setiap tahun meningkat. Hal ini diharuskan untuk dilakukan eksplorasi agar didapat sumber cadangan minyak dan gas bumi yang baru. Penelitian menggunakan metode gravitasi telah dilakukan sebagai survey awal dalam eksplorasi cadangan migas baru pada lapangan “PXE” daerah kabupaten cilacap. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis cekungan dan struktur geologi lapangan “PXE” agar dapat digunakan sebagai data penunjang eksplorasi seismik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak dan batas cekungan melalui kontras nilai percepatan gravitasi, mengetahui pola struktur cekungan dan mendapatkan model 2,5D sebagai gambaran bawah permukaan lapangan “PXE”. Pengukuran dilapangan menggunakan metode gravitasi dengan total 180 titik dengan spasi antar titik 1 kilometer dan 5 kilometer. Pengolahan data gravitasi menggunakan Ms. Excel yang selanjutnya diolah menjadi Peta Anomali Bouguer Lengkap, Peta Elevasi dan melakukan Analisa Spektrum untuk mendapatkan cutoff gelombang pada Filter Butterworth, Peta Anomali Regional, Peta Anomali Residual dan Peta Second Vertical Derivative dan Peta Total Horizontal Derivative dengan menggunakan oasis montaj setelah itu pemodelan 2,5D menggunakan GM-SYS oasis montaj. Berdasarkan hasil interpretasi peta Anomali Bouguer Lengkap pola cekungan didapatkan dengan nilai percepatan gravitasi 65,6 – 49,7 mGal dengan arah barat laut – tenggara dan dikelilingi oleh nilai percepatan tinggi yaitu tinggian majenang pada bagian utara yang memiliki nilai 85 – 99 mGal dan tinggian gabon pada bagian selatan yang memiliki nilai 85 – 142,2 mGal. Struktur yang muncul berdasarkan peta second vertical derivative, total horizontal derivative, peta geologi dan analisa dem memiliki arah relatif baratlaut – tenggara dan timur laut – barat daya. Pemodelan 2,5D sayatan A-A’, B-B’, C-C’ dan D-D’ menggambarkan model cekungan beserta batuan dibawah permukaan berdasarkan perbedaan nilai densitas batuan. Kata kunci: Eksplorasi Minyak dan gas bumi, Metode Gravitasi, Cekungan minyak dan gas bumi, Struktur geologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:05
Last Modified: 26 Sep 2018 04:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16630

Actions (login required)

View Item View Item