ANALISIS ISI PESAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @explorejogja SEBAGAI MEDIA REFERENSI WISATA

ARIK YP., ALDA (2018) ANALISIS ISI PESAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @explorejogja SEBAGAI MEDIA REFERENSI WISATA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tingginya penggunaan media sosial berakibat pada terciptanya banyak peluang di berbagai bidang termasuk bidang pariwisata. Unggahan-unggahan foto wisata alam yang diunggah di media sosial mampu memberikan informasi, serta menimbulkan daya tarik bagi wisatawan. Promosi melalui media online merupakan cara paling efektif untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan pariwisata. Akun Instagram @explorejogja sebagai alat promosi wisata untuk wilayah Yogyakarta mampu mempromosikan tempat wisata kepada para wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media sosial Instagram @Explorejogja merupakan media yang memenuhi syarat sebagai media referensi wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis analisis isi. Populasi dalam penelitian ini adalah isi media sosial instagram @ExploreJogja periode 1 Juli 2017 sampai dengan 31 Juli 2017. Teknik pengumpulan data melalui data primer yang yang diperoleh peneliti langsung dari unggahan foto instagram @ExploreJogja periode 1 Juli 2017 sampai dengan 31 Juli 2017. Hasil penelitian menunjukkan akun @Explorejogja adalah pemandangan alam dengan ada unsur orang di dalamnya sebesar 52% menyertakan elemen orang/model di dalam pemandangan. Selain kedua kategori gambar tersebut, unggahan juga berisikan informasi lokasi/tempat wisata seperti informasi tentang fasilits-fasilitas yang ada di tempat wisata, tiket masuk serta informasi lain yang dibutuhkan oleh para wisatawan. Akun instagram @Explorejogja merupakan sumber informasi yang menimbulkan respon kepada followernya yang berorientasi untuk mendapatkan informasi tempat wisata sebagai alternatif pilihan tempat wisata yang akan dikunjungi. Kata kunci : Instagram, @explorejogja, preferensi wisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:14
Last Modified: 25 Sep 2018 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16590

Actions (login required)

View Item View Item