PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE VIOLA JONES DAN EUCLIDEAN DISTANCE UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI PRESENSI DAN KEAMANAN DI LINGKUNGAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA

Sari, Nidya Indah (2018) PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE VIOLA JONES DAN EUCLIDEAN DISTANCE UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI PRESENSI DAN KEAMANAN DI LINGKUNGAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan pembimbing.pdf]
Preview
Text
Pengesahan pembimbing.pdf

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (298kB)

Abstract

Presensi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi sebuah instansi. Presensi digunakan untuk memantau kinerja pegawai sebagai bukti kehadiran. Kegiatan presensi saat ini dilakukan oleh setiap pegawai dengan melakukan kontak langsung pada alat presensi sehingga membutuhkan waktu lama. Sistem presensi berkaitan dengan sistem keamanan dalam hal pengawasan terhadap orang yang keluar masuk pada suatu ruangan. Kewaspadaan terhadap orang asing yang masuk ruangan perlu diperhatikan. Kurangnya tingkat keamanan mampu meningkatkan permasalahan terjadinya pencurian sehingga polisi kesulitan untuk melakukan penyidikan.
Teknologi computer vision mampu memudahkan dalam hal pengawasan dengan memanfaatkan kamera sebagai alat pendeteksian. Kamera akan dihubungkan dengan client sebagai alat pendeteksian wajah, sedangkan server digunakan untuk proses pencocokan terhadap data training. Pendeteksian wajah dilakukan dengan menggunakan metode Viola Jones, sedangkan proses mengubah gambar menjadi nilai citra dilakukan dengan metode Principal Component Analysis (PCA). Hasil dari analisis tersebut dapat berupa nilai citra dengan kemiripan terdekat yang dapat dihitung dengan metode Euclidean Distance. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu waterfall.
Hasil dari penelitian yaitu mampu memberikan efisiensi waktu dalam penggunaan presensi dan mampu meningkatkan keamanan karena akses orang yang keluar masuk ruangan menjadi lebih terpantau. Penerapan metode Viola Jones dan Euclidean Distance sebagai metode pendeteksian dan pengenalan wajah dengan tingkat akurasi tertinggi yaitu 60 %.
Kata Kunci: Presensi, Keamanan, Face Recognition, Viola Jones, Principal Component Analysis (PCA), Euclidean Distance

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Presensi, Keamanan, Face Recognition, Viola Jones, Principal Component Analysis (PCA), Euclidean Distance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:52
Last Modified: 19 Mar 2024 02:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16587

Actions (login required)

View Item View Item