PERBAIKAN SISTEM KERJA MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (MOQS) (Studi Kasus di CV Sogan Batik Rejodani, Sleman, Yogyakarta)

Distiya, Dita Dara (2018) PERBAIKAN SISTEM KERJA MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (MOQS) (Studi Kasus di CV Sogan Batik Rejodani, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TA_Dita_Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Dita_Daftar Isi, Gambar, Tabel.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Dita_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Sogan Batik Rejodani merupakan salah satu industri yang memproduksi pakaian batik yang berlokasi di Yogyakarta. Banyaknya permintaan dari pelanggan saat ini, menuntut perusahaan untuk menghasilkan produk berkualitas demi kepuasan pelanggan. Produk yang berkualitas akan didapatkan jika sistem kerja yang ada berjalan dengan baik. Namun pada kenyataannya pekerja mengeluhkan bahwa saat bekerja selalu merasa cepat lelah. Kelelahan tersebut menandakan bahwa sistem kerja yang ada belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan sistem kerja pada CV Sogan Batik Rejodani dengan mengetahui pengaruh dari setiap komponen sistem kerja terhadap kenyamanan kerja para pekerja. Komponen sistem kerja yang dimaksud yaitu kondisi organisasi, teknologi, personal, dan lingkungan. Adapun tools yang digunakan dalam pengidentifikasian dan penilaian terhadap pengaruh sistem kerja yaitu Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS) dengan analisis jalur. Setelah dilakukan pengidentifikasian dan penilaian, maka selanjutnya diberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan kerja. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh komponen sistem kerja terhadap kenyamanan kerja di CV Sogan Batik Rejodani yaitu faktor organisasi sebesar 0,004%; faktor teknologi sebesar 3,13%; faktor personal sebesar 43,69%; dan lingkungan sebesar 0,002%. Maka komponen sistem kerja yang berpengaruh secara signifikan terhadap kenyamanan kerja adalah personal, yang berarti personal yang paling menentukan nyaman atau tidaknya pekerja. Adapun perbaikan sistem kerja yang dapat diusulkan terkait dengan personal diantaranya: pemberian penghargaan kepada pekerja, memfasilitasi kursi ergonomis untuk pekerja yang bekerja dengan posisi duduk, dan memfasilitasi meja ergonomis untuk pekerja yang bekerja dengan posisi berdiri. Kata kunci: Sistem kerja, Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS), Ergonomi Makro

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:55
Last Modified: 25 Sep 2018 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item