ANALISIS RESEPSI PENGGUNA YOUTUBE TERHADAP IKLAN (Penelitian Terhadap Generasi Millennials di Yogyakarta)

KHASANAH, RIZKY NOVITA FITRI (2018) ANALISIS RESEPSI PENGGUNA YOUTUBE TERHADAP IKLAN (Penelitian Terhadap Generasi Millennials di Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (937kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (174kB)

Abstract

YouTube merupakan media berbagi dan menonton video yang dapat
dinikmati oleh para penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Fenomena
membanjirnya iklan pada media YouTube merupakan salah satu alternatif agar
semua konten di sana tetap dapat dinikmati secara gratis. Iklan-iklan tersebut
memiliki jenis yang beragam dan terkadang membuat pengguna YouTube merasa
tidak nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pengguna
YouTube di kalangan mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta mengenai YouTube
sebagai media iklan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan
yang digunakan adalah analisis resepsi. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara. Teori yang digunakan untuk menganalisis pemaknaan audience
adalah teori reception analysis, uses and gratification dan new media. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa resepsi analisis terbagi tiga posisi yaitu
dominant, posisi negotiated dan posisi oppositional. Posisi dominant memiliki
pandangan bahwa iklan di YouTube merupakan iklan yang mampu memberikan
pesan dan pesan yang disampaikan sampai kepada pengguna YouTube. Posisi
negotiated menganggap bahwa pesan yang disampaikan tidak sampai karena
durasi pesan yang terlalu panjang, ataupun pesan yang langsung menawarkan
produk yang biasanya gak sampai. Posisi oppositional memaknai iklan di
YouTube tidak efektif dan hanya mengganggu. Terdapat beberapa faktor yang
menjadi tolak ukur informan dalam meresepsi iklan di media YouTube
diantaranya adalah faktor pendidikan, pekerjaan, minat/ketertarikan, durasi
mengakses dan frekuensi mengakses YouTube. Iklan-iklan di media YouTube
lebih kreatif, menarik, dan bervariasi jika dibandingkan dengan media beriklan
yang lain.
Kata kunci : analisis resepsi, YouTube, iklan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis resepsi, YouTube, iklan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Sep 2018 03:26
Last Modified: 20 Mar 2024 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item