COMMAND CENTER POLDA D.I.YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

RIZQI, ANNITA FADHILATUR (2018) COMMAND CENTER POLDA D.I.YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (55kB)

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu kewajiban utama yang harus dimiliki oleh lembaga publik terutama lembaga penegak hukum. Polda D.I. Yogyakarta menyadari hal tersebut sehingga perlu adanya strategi komunikai sebagai bentuk kegiatan dalam proses pelayanan. Pelayanan publik yang dilakukan menggunakkan command center sebagai bentuk reformasi birokrasi dalam keterbukaan informasi dan respon cepat menegakkan pertahanan, keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Yogyakarta. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan, implementasi dan faktor pendukung maupun penghambat command center dalam pelayanan publik yang dilakukan oleh Polda D.I.Yogyakarta. Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Polda D.I.Yogyakarta mengunakkan command center sebagai salah satu bentuk inovasi berbasis TI dengan melalui perencanaan meliputi sistem, sarana prasarana, Sumber Daya Manusia dan SOP (Standar Operasional Prosedur). Implementasi command center meliputi sistem yang sudah terintegrasi di dalam aplikasi “PolisiKita”, pembuatan posko promoter, peningkatan sumber daya manusia terdari gabungan satuan kerja. Pengunaan media baru merupakan inovasi yang dilakukan dari pemanfaatan TI dengan mengedepankan asas-asas kualitas pelayanan seperti tangibles, reliability, responsiviness, assurance dan empathy sehingga dapat mewujudkan tujuan dari strategi komunikasi yaitu respon cepat. Kualitas pelayanan yang dilakukan berdampak membuat sentiment positif bagi Polda D.I.Yogyakarta dan kepada publiknya memberikan kemudahan dalam mengirim laporan dan mendapat kepastian hukum. Pelayanan publik yang dilakukan cukup berhasil dengan adanya respon positif yang ditujukan publik terkait command center sebagai pelayanan publik menggunakkan TI.
Katakunci : Strategi, Media Baru, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Media Baru, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Sep 2018 02:34
Last Modified: 21 Mar 2024 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item