PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST (STUDI PADA KONSUMEN TENUN IKAT “ARIMBI” KABUPATEN SRAGEN)

Panglipurningrum, Yofhi Septian and Sulistiyani, Reny Dwi and Dewi, Septiana Novita (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST (STUDI PADA KONSUMEN TENUN IKAT “ARIMBI” KABUPATEN SRAGEN). Buletin Ekonomi, 16 (1). pp. 69-80. ISSN 1410-2293

[img]
Preview
Text
Apr 2018 6 be upnyk.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Abstract: Effect of Product and Price Quality on Consumer Buying Interests Mediated by Brand Image and Brand Trust (Study on Consumers of Ikat "ARIMBI" in Sragen Regency). The development of fashion design in this modern era has experienced a very rapid development, even consumers' buying interest has shifted to modern designs and most of them forget about traditional products one of which is ikat weaving. Sragen Regency has a weaving industry that has been started since 2012. Typical Sragen woven fabric "Arimbi". Is one of the many traditional woven fabric products similar in Indonesia. Looking at this phenomenon, the research team proposed research related to the role of brand image and brand trust as a mediating variable between product quality and price to consumer buying interest, this was intended to make the weaving industry know what factors were causing consumers' interest in buying crafts. "ARIMBI" woven cloth is one of the superior products of Sragen Regency. The population in this study were consumers who wore "Arimbi" weaving in Sragen Regency. In this study the number of consumers using woven fabric "Arimbi: not known with certainty so to calculate the minimum number of samples needed using the Lemeshow formula with a sample of 150 respondents. The sampling technique in this study using convenience sampling with the analysis method used is path analysis (path analysis). The results of this study indicate that product quality has a significant effect on brand image. Prices have a significant effect on brand image. Product quality has a significant effect on brand trust. Prices have a significant effect on brand trust. Product quality has a significant effect on buying interest. Prices have a significant effect on buying interest. Brand image has a significant effect on buying interest. Brand trust has a significant effect on buying interest. Path Analysis Results: the effect of product quality and price on buying interest through brand image is smaller than the direct effect so that the most effective path is direct path. The effect of product quality and price on buying interest through brand trust is less than the direct influence so that the most effective pathway is the direct path. Product quality variables are the most dominant variables in influencing consumers' buying interest of "Arimbi" Ikat Weaving in Sragen Regency.Abstrak: Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen yang di Mediasi oleh Brand Image dan Brand Trust (Studi pada Konsumen Tenun Ikat “ARIMBI” Kabupaten Sragen). Perkembangan desain fashion di era modern ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat,bahkan minat beli konsumen telah bergeser ke desain modern dan sebagian besar dari mereka melupakan produk tradisional salah satunya adalah tenun ikat. Kabupaten Sragen memiliki industri tenun yang sudah dimulai sejak 2012. Kain tenun Sragen Khas "Arimbi". Merupakan salah satu dari banyak produk kain tenunan tradisional yang sejenis di Indonesia. Melihat fenomena ini, tim peneliti mengusulkan penelitian yang berkaitan dengan peran citra merek dan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi antara kualitas produk dan harga dengan minat beli konsumen, ini dimaksudkan untuk membuat industri tenun tahu faktor apa yang menyebabkan minat konsumen. dalam membeli kerajinan. Kain tenun "ARIMBI" adalah salah satu produk unggulan Kabupaten Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memakai tenun "Arimbi" di Kabupaten Sragen. Dalam penelitian ini jumlah konsumen menggunakan kain tenun "Arimbi: belum diketahui secara pasti sehingga untuk menghitung jumlah minimum sampel yang dibutuhkan menggunakan rumus Lemeshow dengan sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling dengan metode analisis. yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek. Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek. Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan merek. Harga memiliki pengaruh yang signifikan pada kepercayaan merek. Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. kepercayaan merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Hasil Analisis Jalur: efek kualitas produk dan harga pada minat beli melalui citra merek lebih kecil daripada efek langsung sehingga jalur yang paling efektif adalah jalur langsung pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli melalui kepercayaan merek lebih kecil daripada pengaruh langsung sehingga jalur yang paling efektif adalah jalur langsung. Variabel kualitas produk merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen "Arimbi" Tenun Ikat di Kabupaten Sragen Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Minat Beli.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: SRI SULTAN -
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:24
Last Modified: 14 Sep 2018 02:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16377

Actions (login required)

View Item View Item