MODEL KONSEPTUAL DARI AU-CU PORPHYRY-SKARN DENGAN OVERPRINT SISTEM ISE: STYLE DAN KARAKTERISTIK BERDASARKAN SURVEI GEOFISIKA DAN STUDI GEOLOGI ALTERASI PROSPEK LAVANTO, SULAWESI UTARA

Tri Lavanto, Audi (2018) MODEL KONSEPTUAL DARI AU-CU PORPHYRY-SKARN DENGAN OVERPRINT SISTEM ISE: STYLE DAN KARAKTERISTIK BERDASARKAN SURVEI GEOFISIKA DAN STUDI GEOLOGI ALTERASI PROSPEK LAVANTO, SULAWESI UTARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.jpg]
Preview
Image
Halaman Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara dengan potensi sumberdaya mineral yang sangat besar, persebaran mineral logam berharga tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia, mulai dari mineral logam Cu, Au, Ag, Ni, Zn, Mo dan lain-lain. Salah satu tipe endapan mineral bijih hasil proses hidrotermal yang ekonomis di Indonesia adalah endapan emas Porphyry dan Skarn. Dalam menemukan tipe-tipe endapan baru yang prospek akan kehadiran mineral logam berharga, diperlukan metode-metode baru dan pengembangan metode yang sudah ada untuk memahami karakteristik setiap endapan yang ada, karena setiap endapan selalu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. \
Pemahaman karakteristik endapan yang digabungkan dengan beberapa metode geofisika dan geokimia seperti magnetik, radiometric, AMT, dan geokimia soil akan memberikan resolusi yang sangat bagus dalam eksplorasi skala regional hingga detil. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model konseptual dari endapan Porphyry-Skarn dengan overprint sistem Intermediate Sulphidation Epithermal (ISE) pada prospek Lavanto, Sulawesi Utara.
Hasil pengamatan karakteristik endapan didapatkan litologi pada prospek Lavanto tersusun dari intrusi multifase mulai dari Diorit kuarsa, Tonalit, Diorit akhir, dan Diorit Hornblende dengan alterasi Potassic pada bagian bawah dan Phyllic pada bagian atas Potassic, selain itu juga terdapat alterasi Calc Silicate dari endapan Skarn. Basemetal vein hadir sebagai sistem yang mengoverprint Pophyry dan Skarn. Vectoring geokimia soil menunjukkan arah konsentrasi unsur Cu-Mo pada daerah Lavanto dan Au menyebar dari Lavanto ke Ganemo. Hasil survei magnetik menunjukkan circular feature (>200 nT) pada tubuh multifase intrusi daerah Lavanto, skarn juga menunjukkan respon distortion high (>150 nT), survei radiometric juga menunjukkan konsentrasi K yang besar (>170 %). Survei AMT yang menunjukkan respon tinggi pada daerah Lavanto (>300 ohm.m) yang digabungkan dengan hasil vein density yang menunjukkan vectoring keberadaan stockworking terkonsentrasi pada daerah Lavanto. Model konseptual menunjukkan lokasi tubuh Porphyry berada pada daerah Lavanto, Skarn pada daerah Ganemo, dan Epithermal .
Kata kunci: Porphyry-skarn, epithermal, geofisika, geokimia, geologi, model

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:49
Last Modified: 12 Sep 2018 05:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16358

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item