PENGARUH TERPAAN IKLAN PEPSODENT EDISI “MONSTER GIGI” DI TELEVISI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI DUA KALI SEHARI

Narita, Dionesia (2018) PENGARUH TERPAAN IKLAN PEPSODENT EDISI “MONSTER GIGI” DI TELEVISI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI DUA KALI SEHARI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Pepsodent merupakan merek salah satu pasta gigi terkenal di Indonesia. Pepsodent tidak hanya fokus dalam menjual produknya saja, akan tetapi juga memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat. Dalam beberapa iklannya, pepsodent mengajak masyarakat untuk memperhatikan kesehatan gigi masyarakat dengan membuat iklan-iklan yang dapat mengedukasi masyarakat. Salah satu iklan Pepsodent yang mengajak penonton untuk merubah kebiasaan gosok gigi yaitu iklan Pepsodent edisi monster gigi. Dimana di dalam iklan tersebut, Pepsodent mengajak penonton menggosok gigi 2 kali pada pagi dan malam sebelum tidur. Penting nya menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur menjadi tema dalam iklan tersebut, hal ini karena masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menggosok gigi pada malam sebelum tidur. Sehingga bagaimana dampak dari terpaan iklan Pepsodent edisi monster gigi diteliti di dalam penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruhnya terhadap perubahan perilaku menggosok gigi 2 kali sehari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur pengaruh terpaan iklan Pepsodent edisi monster gigi terhadap perubahan perilaku menggosok gigi 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur pada siswa siswi SD Negeri 1 Pluneng. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode survei dengan jumlah responden 88 siswa SD Negeri 1 Pluneng. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis korelasi product moment dan analisis regeresi sederhana. Hasil penelitain yang dilakukan, bahwa hubungan antara pengaruh terpaan iklan Pepsodent edisi monster gigi dengan perubahan perilaku menggosok gigi 2 kali sehari berada dalam kategori sedang dengan nilai 0,406. Hasil pengujian hopotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara terpaan iklan Pepsodent edisi monster gigi di televisi terhadap perubahan perilaku menggosok gigi 2 kali sehari. Hasil analisis menunjukkan penelitian ini mendukung teori kultivasi pada siswa siswi SD Negeri 1 Pluneng yang menyatakan bahwa terpaan iklan Pepsodent edisi monster gigi di televisi mampu mempengaruhi perubahan perilaku menggosok gigi 2 kali sehari sebesar 16,5 %, dan 83,5% perubahan perilaku menggosok gigi 2 kali sehari dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci : Pepsodent, Terpaan Iklan, Perubahan Perilaku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:10
Last Modified: 12 Sep 2018 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16336

Actions (login required)

View Item View Item