LILIYAN, ADITYA (2018) PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM BIDANG KERAJINAN DI KABUPATEN REMBANG DENGAN PEMASARAN INTERAKTIF SEBAGAI MEDIASI. Masters thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR-ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran UMKM bidang kerajinan di Kabupaten Rembang yang dimediasi oleh pemasaran interkatif. Dalam penelitian ini pemasaran interaktif terdiri dari trust, relationship commitment dan complaint handling. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM bidang kerajinan di Kabupaten Rembang. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif, dan analisis kuantitatif dengan teknik analisis structural equation model (SEM). Temuan penelitian ini, yaitu: 1). Entrepreneurial marketing memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran; 2). Entrepreneurial marketing memiliki pengaruh positif terhadap trust, relationship commitment dan complaint handling;. 3). Trust, relationship commitment dan complaint handling memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. 4). Pengaruh entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran pengaruhnya akan lebih besar apabila dimediasi oleh trust, relationship commitment dan complaint handling dibandingkan tidak dimediasi oleh trust, relationship commitment dan complaint handling. Implikasi penelitian berkaitan dengan ditemukannya indikator dengan skor terendah dari variabel entrepreneurial marketing yaitu tentang proaktif. Sebaiknya pelaku UMKM bidang kerajinan di Kabupaten Rembang lebih proaktif dalam menjalankan usahanya. Hal ini dapat dilakukan dengan lebih aktif dalam pencarian peluang, memiliki perspektif kedepan meliputi pengenalan produk baru untuk menghadapi kompetisi dan bertindak dalam mengantisipasi permintaan di masa mendatang untuk membuat perubahan dan membentuk lingkungan. Faktor mediasi diantaranya trust, relationship commitment, dan complaint handling sudah termasuk dalam katogeri baik. Namun faktor complaint handling memiliki rata-rata terendah diantara yang lain. Maka disarankan sebaiknya pelaku UMKM bidang kerajinan di Kabupaten Rembang lebih meningkatkan lagi faktor dalam menangai keluhan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu empati, lebih cepat, bersikap adil dalam menangani keluhan pelanggan dan juga memberikan contact person yang mudah dihubungi apabila ada pelanggan yang complain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 04:01 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 04:01 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16319 |
Actions (login required)
View Item |