MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotik Pada Iklan Gillette Blue II Versi “Seluncur” di Televisi)

Putra, Yoga Santosa (2018) MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotik Pada Iklan Gillette Blue II Versi “Seluncur” di Televisi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI [SAMPUL].pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SKRIPSI [PENGESAHAN].pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI [ABSTRAK].pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SKRIPSI [DAFTAR ISI].pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iklan menjadi sebuah cara efektif dalam mempengaruhi masyarakat dalam mempromosikan suatu produk. Banyak iklan yang diberedar dimedia massa, baik cetak maupun elektronik yang di targetkan untuk laki-laki. Iklan tersebut tentunya memuatan nilai dalam setiap pesannya, salah satunya nilai maskulin. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maskulinitas melalui analisis semiotika iklan produk pisau cukur Gillette Blue II versi Seluncur. Model teori yang dipakai dalam penelitian ini merupakan teori analisis semiotika. Model analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk menunjang penelitian ini adalah studi pustaka, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui pengamatan dan mengidentifikasi tanda-tanda maskulin, serta menyimpulkan hasil analisis melalui studi pustaka. Sedangkan teknik validitas data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tiga dari sembilan formula validitas penelitian semiotik, yaitu konteks fisik dan sosial, struktur tanda dan tanda lain, serta intertekstualitas. Hasil penelitian menemukan: (1) Terdapat beberapa tanda yang dianggap telah membentuk pemaknaan laki-laki terhadap citra maskulinitas dan nilai tubuh, diantaranya penilaian positif terhadap penampilan tubuh serta kepuasan dan ketidakpuasan pada penampilan tubuh yang ideal, (2) Terdapat beberapa pemaknaan simbol-simbol yang mencerminkan tubuh ideal sebagai citra maskulinitas dalam iklan yang menunjukkan pada sikap laki-laki yang selektif dan berhati-hati; paham arti penting kebersihan, percaya diri, kegagahan; yang terakhir tampan dan menarik, (3) Representasi maskulinitas pada laki-laki dilihat dari nilai konotasi tagline Gillette, laki-laki yang maskulin merupakan laki-laki yang harus selalu tahu apa yang terbaik untuk dirinya, (4) Ditemukan adanya motif-motif komunikasi dalam iklan yaitu informatif dan psikologis. Kata Kunci: analisis semiotika, maskulinitas, iklan televisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Sep 2018 01:40
Last Modified: 05 Sep 2018 01:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16289

Actions (login required)

View Item View Item