PENGENDALIAN PERSEDIAAN KEMASAN MIKA MENGGUNAKAN METODE HADLEY-WITHIN MODEL PROBABILISTIK Q DENGAN LOST SALES (Studi kasus IKM Getuk Super Djatayu, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Yogyakarta)

Yulianto, Eko Safron (2018) PENGENDALIAN PERSEDIAAN KEMASAN MIKA MENGGUNAKAN METODE HADLEY-WITHIN MODEL PROBABILISTIK Q DENGAN LOST SALES (Studi kasus IKM Getuk Super Djatayu, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover asli.docx.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SAJA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IKM Getuk Super Djatayu merupakan industri pembuatan makanan yang sedang berkembang. Produk yang dihasilkan ialah getuk lindri yang per mikanya berisi empat biji getuk dengan kemasan mika khusus, variasi rasa yang dihasilkan ada empat macam antara lain rasa moca, rasa vanila, rasa pandan, dan rasa frambos. IKM ini menerapkan sistem persediaan, dimana waktu pembelian dilakukan dengan lead time pemesanan selama satu minggu dalam jumlah yang besar daripada jumlah yang dibutuhkan dalam proses produksi agar proses produksi tidak terhenti dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini menimbulkan masalah seperti sumber daya yang menganggur, keuntungan IKM yang berkurang, terserapnya modal yang seharusnya bisa digunakan untuk sektor lain akan terserap pada kemasan mika, selain itu pengadaan mika dalam jumlah besar mengakibatkan penumpukkan di gudang, hal ini menyebabkan ongkos total biaya persediaan yang dikeluarkan pihak IKM semakin besar. Penumpukkan ini disebabkan oleh tingkat pemakaian mika setiap harinya yang tidak tetap dan selalu berubah sesuai dengan kebutuhan IKM. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan kuantitas pemesanan (Q0), reorder point (r*) dan safety stock yang optimal serta menghitung total biaya per tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya persediaan per tahun yang dikeluarkan dengan menerapkan kebijakan menggunakan metode hadley-within model probabilistik Q lebih kecil dibandingkan kebijakan IKM saat ini, dengan penghematan biaya total sebesar Rp.29.337.423,00 -/tahun. Kata Kunci: Kuantitas Pemesanan, Reorder Point, Safety Stock, Probabilistik Q, Total Biaya Persediaan ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:36
Last Modified: 29 Aug 2018 03:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16249

Actions (login required)

View Item View Item