ANALISISRESEPSI KONTEN VLOG AWKARIN DAN ARIEF MUHAMMAD

KHANIFATUSNAENI, RISKI (2018) ANALISISRESEPSI KONTEN VLOG AWKARIN DAN ARIEF MUHAMMAD. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia saat ini banyak publik figur yang memanfaatkan vlog sebagai media untuk mempublikasikan kegiatan kesehariannya dan setiap vlogger mempunyai ciri khas konten vlog yang mereka buat. Dua vlogger yang terkenal karena menjadi sorotan publik dengan konten yang bertolak belakang satu sama lain yaitu Awkarin dan Arief Muhammad menimbulkan pro dan kontra atau baik dan buruk citra yang dibangun oleh seorang vlogger. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan khalayak mengenai isi konten vlogAwkarin dan Arief Muhammad serta faktor–faktor apa sajakah yang mempengaruhi pemaknaan khalayak mengenai isi konten dalam vlog Awkarin dan Arief Muhammad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak mengenai isi konten vlog Awkarin dan Arief Muhammad serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemaknaan khalayak. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitiatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, Focuss Group Discussion (FGD) dan dokumen. Teori yang digunakan untuk menganalisis pemaknaan audience adalah teori resepsidan konsep Active Audience. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan pemaknaan dari audience channel YouTube Awkarin dan Arief Muhammad yang menjadi narasumber pada penelitian ini sangat beragam sesuai dengan video yang disampaikan dalam channel YouTube. Secara mayoritas pemaknaan channel YouTube Awkarin pada posisi dominan dan oppisitional sedangkan pada vlog Arief Muhammad berada pada posisi Dominant dan negosiasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi audience channel YouTube Awkarin dan Arief Muhammad dalam melakukan pemaknaan ada 3 yaitu isi vlog, nilai-nilai moral dalam diri narasumber dan agama. Isu-isu yang disampaikan dalam vlog mempengaruhi pemaknaan narasumber, jika isu yang disampaikan dalam vlog bersifat biasa-biasa saja dan tidak sensitive maka pemaknaan pesan cenderung keposisi dominan, sedangkan jika isu yang disampaikan merupakan isu yang sensitive maka pemaknaan narasumber cenderung kedalam posisi oposisi. Kata kunci : analisis resepsi, YouTube,vlog, Awkarin, Arief Muhammad xix ABSTRACT In Indonesia today many public figures who use vlog as a medium to publicize their daily activities and each has a characteristic vloggers vlog content they create. Two vlogger known for public attention with contentopposite each other, namely Awkarin and Arief Muhammad raises the pros and cons, or good and bad image built by a vlogger. The formulation of the problem in this research is How can the audience about the meaning of the content and Arief Muhammad Awkarin vlog as well as what factors are affecting the audience about the meaning of the content in the vlog Awkarin and Arief Muhammad.This research aims to know the meaning of the audience about the content vlog Awkarin and Arief Muhammad and the factors that influence the meaning of the audience. Tipe Qualitative research is. This study uses data collection through interviews and Focuss Group Discussion (FGD). The theory is used to analyze the meaning of the audience is reception theory and the concept of Active Audience. These results indicate that the meaning of the meaning of the audience YouTube channel Awkarin and Arief Muhammad, the informant in this study vary in accordance with the submitted video in YouTube channel. In the majority of the meaning of the YouTube channel Awkarin in a dominant position and oppisitional whereas vlog Arief Muhammad is the Dominant position and negotiation. Factors that affect the audience YouTube channel Awkarin and Arief Muhammad in doing purport 3 that the contents vlog, moral values within resource and religion. The issues presented in the vlog affect the meaning of the source, if the issues presented in the vlog is mediocre and not sensitive then the meaning of the message tends to a dominant position, whereas if the issue presented is a sensitive issue that purport speakers tend to a position of opposition Keywords : Analysis of the reception, YouTube, vlogs, Awkarin, Arief Muhammad

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:48
Last Modified: 06 Aug 2018 07:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15963

Actions (login required)

View Item View Item