GEOLOGI DAN KAJIAN KESTABILAN LERENG BERDASARKAN DATA GEOLOGI TEKNIK PADA LERENG TAMBANG TERBUKA PT RIUNG MITRA LESTARI SITE KRASSI, SEMBAKUNG-NUNUKAN, KALIMANTAN UTARA

WIDODO, ALWI HERDIAN (2018) GEOLOGI DAN KAJIAN KESTABILAN LERENG BERDASARKAN DATA GEOLOGI TEKNIK PADA LERENG TAMBANG TERBUKA PT RIUNG MITRA LESTARI SITE KRASSI, SEMBAKUNG-NUNUKAN, KALIMANTAN UTARA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu potensi bahaya yang umum dan sering dihadapi pada tambang batubara
terbuka adalah bahaya kelongsoran lereng, baik dalam skala lokal, atau dalam ukuran
yang lebih besar, bahkan dalam skala keseluruhan. Sedangkan, desain kemiringan lereng
suatu bukaan tambang secara langsung berpengaruh pada keekonomian proyek
penambangan tersebut. Oleh sebab itu, desain lereng bukaan tambang sebisa mungkin
harus dibuat dengan kemiringan lereng securam mungkin, namun harus cukup stabil.
Sehingga kegiatan produksi, alat tambang, dan manusia terhindar dari bahaya longsor.
Daerah penilitian merupakan daerah PKP2B PT Mandiri Inti Perkasa, pada Area Pit
Krassi, yang dikelolah oleh kontraktor pertambangan PT Riung Mitra Lestari secara
administratif terletak pada S. Krassi, Kec. Sembakung, Kab. Nunukan, Provinsi
Kalimantan Utara. Luas daerah penelitian adalah 1 km x 1 km terletak pada koordinat
UTM 525700mT – 526700mT dan 403100mU – 404100mU.
Evaluasi kestabilan lereng pada daerah penelitian dilakukan dengan 5 analisis, yakni
analisis kestabilan lereng tunggal, analisis kestabilan lereng aktual, evaluasi desain final,
evaluasi lereng keseluruhan dengan variasi geometri nilai FK 1,5 dan upaya peningkatan
kestabilan lereng desain final yang tidak stabil. Pada penelitian ini, analisis kestabilan
lereng dilakukan dengan menggunakan kriteria runtuh Mohr-Coulomb.
Geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 2 bentukasal dan 3 bentuklahan, yakni
bentukasal fluvial dengan bentuklahan rawa (F1) dan bentukasal Antropogenik dengan
bentuklahan area tambang (H1) dan bentuklahan sump (H2).
Stratigrafi daerah penelitian termasuk dalam Cekungan Tarakan dengan Subcekungan
Tidung yang terdiri 3 satuan batuan, dari tua ke muda yakni Satuan batulempung Tabul
pada Lower Delta Plain (Miosen Akhir), Satuan batulempung-karbonatan Tabul pada
Lower Delta Plain (Miosen Akhir), dan Satuan endapan alluvial (Holosen) diendapkan
secara tidak selaras diatas Satuan batulempung-karbonatan dengan pengendapan darat.
Berdasarkan hasil analisis kestabilan lereng tunggal, disimpulkan sudut optimal yang
dapat dibentuk adalah 61o dengan ketinggian 10 meter. Berdasarkan hasil analisis
kestabilan lereng aktual 24 agustus 2017 termasuk dalam klasifikasi Aman dalam
kondisi litologi keadaan jenuh air dengan nilai FK 1,679. Berdasarkan hasil analisis
kestabilan lereng desain final termasuk dalam klasifikasi kritis dalam kondisi litologi
keadaan jenuh air dengan nilai FK 1,350. Berdasarkan hasil evaluasi lereng keseluruhan
dengan variasi geometri nilai FK 1,5 dalam kondisi litologi keadaan jenuh air didapatkan
tinggi lereng 20 meter memiliki sudut optimum 60o, tinggi lereng 30 meter memiliki
sudut optimum 45o, tinggi lereng 40 meter memiliki sudut optimum 31o, tinggi lereng 50
meter memiliki sudut optimum 27o, dan tinggi lereng 60 meter memiliki sudut optimum
21o. Dan upaya peningkatan kesatbilan lereng desain final yang tidak stabil pada desain
final dilakukan menggunakan 2 metode rekomendasi, yaitu pelandaian lereng sehingga
nilai FK menjadi 1,558, dan dewatering penurunan MAT -10m sehingga nilai FK
menjadi 1,619.
Kata Kunci: Kestabilan lereng, Mohr-Coulomb, evaluasi lereng keseluruhan, upaya
peningkatan kestabilan lereng

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: Q Science > QE Geology
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jul 2018 03:09
Last Modified: 24 Jul 2018 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15816

Actions (login required)

View Item View Item