PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS MENGGUNAKAN METODE PRODUCTION FLOW ANALYSIS DAN ALGORITMA RANK ORDER CLUSTERING (Studi Kasus di CV Tunas Karya Jl. Kaliurang Km. 15, Pakem, Sleman)

Mucharram, Mucharram (2018) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS MENGGUNAKAN METODE PRODUCTION FLOW ANALYSIS DAN ALGORITMA RANK ORDER CLUSTERING (Studi Kasus di CV Tunas Karya Jl. Kaliurang Km. 15, Pakem, Sleman). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TA_Mucharram_Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Mucharram_Lembar Pengesahan.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Mucharram_Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Mucharram_Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Tunas Karya merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai alat dengan teknologi terpadu yang beralamat di Jl. Kaliurang Km. 15, Dusun Beji, Harjobinagun, Pakem. Permintaan produk di CV Tunas Karya sangat beragam jenisnya. Aliran material di lantai produksi perusahaan tersebut sangat tidak tertata dikarenakan mesin-mesin di lantai produksi memiliki jarak dan perpindahan material yang tidak teratur. Contohnya aliran material dari mesin pelengkung plat dengan area pengelasan berjarak 19 meter. Rute operasi tersebut sangat berpengaruh pada lantai produksi dan mendominasi seluruh aliran material di lantai produksi sehingga perlu diintegrasikan. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas di CV Tunas Karya menggunakan metode Production Flow Analysis dan algoritma Rank Order Clustering diawali dengan perhitungan jarak antar mesin dengan jarak Rectilinear. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan total momen perpindahan dan jarak yang dilalui material dalam sekali tempuh. Langkah selanjutnya yaitu pengolahan data dengan metode Production Flow Analysis dan algoritma Rank Order Clustering. Kedua cara ini digunakan untuk mencari susunan sel mesin dan urutan mesin dalam setiap sel yang akan dijadikan tata letak usulan. Pengolahan data dengan algoritma Rank Order Clustering dan metode Production Flow Analysis menghasilkan tata letak dengan 3 sel part family. Sel pertama terdiri dari mesin A, mesin I, mesin C. Sel ini untuk mengolah part P14. Sel kedua terdiri dari mesin E, mesin F, mesin G. Sel ini untuk mengolah kelompok part P1, P6, P13, P15.Sel ketiga terdiri dari mesin B, mesin D, mesin H. Sel ini untuk mengolah kelompok part P2, P3, P4, P5, P7, P8, P9, P10, P11, P12. Tata letak usulan yang dihasilkan merubah posisi mesin selain mesin A dan mesin F. Tata letak usulan yang dihasilkan berhasil meminimalkan jarak perpindahan material sekali tempuh sebesar 332,6 m menjadi 217 m. Tata letak usulan juga meminimalkan total momen perpindahan sebesar 6230,4 m menjadi 4314,2 m. Kata kunci: aliran material, susunan sel, tata letak, momen perpindahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jul 2018 01:41
Last Modified: 24 Jul 2018 01:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15794

Actions (login required)

View Item View Item