ANALISIS ISI IKLAN HOTEL PADA MEDIA LUAR RUANG DI YOGYAKARTA Pada Periode Agustus 2017 – Maret 2018

Putri, Jelitha Suina (2018) ANALISIS ISI IKLAN HOTEL PADA MEDIA LUAR RUANG DI YOGYAKARTA Pada Periode Agustus 2017 – Maret 2018. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iklan merupakan komunikasi satu arah yang dilakukan oleh pengiklan kepada khalayak. Iklan pada media luar ruang memiliki efektifitas seperti ukuran yang besar, jangkauan, dan frekuensi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami isi iklan hotel pada media luar ruang di Yogyakarta (Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman) periode bulan Agustus 2017 hingga Maret 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori A-T-R (Awareness, Trial, Reinforcement). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi deskriptif kuantitatif mengunakan uji reliabilitas. Penelitian ini menggunakan total sampling yaitu 50 iklan hotel sebagai sampel populasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan beberapa hal yang dapat menafsirkan isi dari pesan iklan hotel. Dari segi tujuan pesan, iklan memiliki tujuan persuasif didukung oleh strategi kreatif generik dan daya tarik rasional yang terdapat dalam teks maupun visualisasi iklan. Struktur iklan digunakan untuk mempermudah khayalak dalam memahami pesan iklan dengan menggunakan selective headline, bodycopy factual hard selling, dan tagline. Pesan iklan tertinggi untuk menawarkan paket makan yang didukung oleh visualisasi iklan yaitu food and drink. Dalam iklan terdapat proses membujuk, mempengaruhi, dan penguatan pesan iklan agar khalayak atau konsumen memiliki kesadaran, menerima, membeli dan loyal terhadap pesan iklan yang ditawarkan. Dilihat dari segala aspek yang ditemukan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pesan iklan disampaikan secara langsung kepada khalayak agar melakukan pembelian sesuai dengan keinginan pihak hotel sebagai pengiklan. Kata kunci : Iklan Media Luar Ruang, Iklan Hotel, Strategi Kreatif Iklan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:45
Last Modified: 19 Jul 2018 04:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item