PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MEMPERHATIKAN KAPASITAS GUDANG UNTUK MEMINIMASI BIAYA PERSEDIAAN (Studi Kasus di WL Aluminium Pleret, Imogiri Timur, Yogyakarta)

Aldy K, Maulana (2018) PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MEMPERHATIKAN KAPASITAS GUDANG UNTUK MEMINIMASI BIAYA PERSEDIAAN (Studi Kasus di WL Aluminium Pleret, Imogiri Timur, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER_MAULANA ALDY K_122130039.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_MAULANA ALDY K_122130039.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_MAULANA ALDY K_122130039.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK_MAULANA ALDY K_122130039.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

WL Aluminium merupakan industry kecil menengah (IKM) yang bergerak di bidang manufaktur. IKM WL Aluminium memproduksi berbagai perlengkapan rumah tangga antara lain panci, wajan, dam ketel cor dengan bahan baku ingot dan rongsokan berbahan alumunium. Bahan baku pada IKM WL Aluminium didapatkan dari mitra supplier yang berasal dari kota Pasuruan Jawa Timur. Proses produksi yang dilakukan mengalami ketidak tepatan jumlah produksi yang berakibat kerugian dalam memperoleh keuntungan karena tidak didukung oleh persediaan bahan baku yang tidak mencukupi, penyebabnya adalah kapasitas gudang yang terbatas. WL Aluminium tidak mau melakukan penyimpanan bahan baku ingot diluar gudang karena dapat mengakibatkan turunnya kadar alumunium. Penelitian ini membahas mengenai perencanaan persediaan bahan baku dengan memperhatikan kapasitas gudang. Dalam menganalisis perencanaan persediaan dilakukan menggunakan metode Q probabilistic lost sales yang sudah dikembangkan dengan memperhatikan kapasitas gudang. Hasil perhitungan dijadikan dasar dalam menentukan jumlah pesanan, titik ulang pemesanan, safety stock dan total ekspektasi ongkos. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model Q probabilistic menghasilkan kendala aktif dan digunakan nilai pengali lagrange sebesar 299 dengan jumlah pemesanan optimal sebesar 4761 unit, titik pemesanan ulang sebesar 1556 unit, jumlah persediaan pengaman sebesar 1035 unit dan ekspektasi ongkos sebesar Rp 467.873.00/tahun. Kata kunci: Persediaan bahan baku, Q probabilistic, Kapasitas gudang x ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:54
Last Modified: 18 Jul 2018 03:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15735

Actions (login required)

View Item View Item