POLITICAL MARKETING PILKADA SERENTAK 2015 KABUPATEN SLEMAN Studi Kasus: Strategi Pemenangan Pasangan Calon Sri Purnomo dan Sri Muslimatun

Hidayat, Asep Tofiq (2018) POLITICAL MARKETING PILKADA SERENTAK 2015 KABUPATEN SLEMAN Studi Kasus: Strategi Pemenangan Pasangan Calon Sri Purnomo dan Sri Muslimatun. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of pengesahan.pdf]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi.pdf]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Dalam pilkada serentak di Kabupaten Sleman tahun 2015 yang lalu ada dua
pasangan calon yang bertarung untuk memperebutkan posisi orang nomor satu di
Kabupaten Sleman. Kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon “santun”
tidak lepas dari peran tim sukses dari pembuatan ide-ide kreatif, cara-cara
pendekatan terhadap para calon pemilh, hingga bagaimana cara memperkuat
positioning pasangan calon tersebut. Penelitian ini menggambarkan tentang
bagaimana marketing sangat berperan dalam dunia politik. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan pasangan
calon “santun” dalam mendulang suara dari para pemilih. Metode yang dilakukan
oleh peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu mengetahui
fenomena tentang yang dialami objek penelitian holistik dengan cara deskripsi
dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan metode alamiah. Hasil
dari penelitian adalah mengetahui bagaimana proses marketing politik yang
dilakukan oleh pasangan calon “santun” dari proses marketing hingga strategi
pendekatan pasar pada saat kampanye berlangsung. Kemenangan yang diperoleh
pasangan calon “santun” tidak didapat dengan mudah, mereka harus melakukan
kunjungan ke tiap kecamatan hingga desa-desa di Kabupaten Sleman. Pasangan
calon “santun” juga merangkul tokoh, kelompok atau organisasi berpengaruh di
Kabupaten Sleman seperti; partai politik, ormas, dan kelompok supporter sepak
bola yang ada di Kabupaten Sleman. Faktor lain yang mempengaruhi kemenangan
pasangan calon tersebut adalah faktor jabatan yang dimiliki oleh Sri Purnomo
sebagai calon yang masih menjabat sebagai bupati Sleman pada periode
sebelumnya, jadi kemenangan ini menjadikan Sri Purnomo sebagai bupati
Kabupaten Sleman dalam dua periode.
Kata kunci: Kampanye, Pilkada, Strategi Marketing

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:02
Last Modified: 17 Jul 2018 05:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15727

Actions (login required)

View Item View Item