KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TK AN-NUR I MAGUWOHARJO DALAM MEMBENTUK KARAKTER POSITIF ANAK

Utami, Lely (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TK AN-NUR I MAGUWOHARJO DALAM MEMBENTUK KARAKTER POSITIF ANAK. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK TK An-Nur I Maguwoharjo merupakan sekolah formal Taman Kanak-kanak yang mengarah kepada pembelajaran tentang pendidikan karakter, akhlak, agama, dan pengembangan enam aspek perkembangan siswa. TK An-Nur I Maguwoharjo menjadi sekolah yang siswanya mencetak banyak prestasi. Di sisi lain, tidak semua siswa mudah untuk diarahkan baik dari segi karakter, emosional, dan perilaku. TK An-Nur I Maguwoharjo menjadi jembatan untuk membentuk karakter positif siswa. Guru senantiasa membimbing dan mengatasi hambatan siswa. Melalui komunikasi interpersonal yang baik serta efektif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk komunikasi interpersonal, peran guru, faktor pendukung, dan hambatan dalam pembentukkan karakter antara guru dan siswa TK An-Nur I Maguwoharjo. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif, dengan objek komunikasi interpersonal guru dan siswa untuk membentuk karakter positif di TK An-Nur I Maguwoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, komunikasi interpersonal guru dan siswa dilakukan secara dua arah dan tatap muka dengan umpan balik verbal dan non verbal pada proses belajar mengajar. Guru menjadi pusat perhatian dan kasih sayang sebagai pembimbing yang mendekatkan pada kehangatan suasana untuk siswa. Tahapan hubungan interpersonal sebagai respon siswa secara umum mampu dijalankan sampai tahap konfirmasi yang disebabkan karakter siswa yang berbeda-beda. Nilai-nilai karakter positif siswa mampu terlaksana sesuai pendidikan karakter yang diterapkan. Faktor pendukung siswa, berasal dari guru dan orang tua siswa yang saling berkompeten memotivasi secara kontinyu. Hambatan yang dialami pada siswa yaitu sulit diatur, tidak berkonsentrasi, dan malas yang menjadikan guru dituntut mampu mengontrolnya melalui perhatian. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Karakter Positif, Proses Belajar Mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Jul 2018 03:31
Last Modified: 12 Jul 2018 03:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item