PERHITUNGAN INPLACE SECARA 2D SURFACE MENGGUNAKAN LIMITASI PETA RMS, AI, DAN ISOPACH PADA LAPISAN M, LAPANGAN “MBL”, FORMASI AIR BENAKAT, SUB-CEKUNGAN JAMBI, CEKUNGAN SUMATERA SELATAN

Kurniawan, Imam Try (2018) PERHITUNGAN INPLACE SECARA 2D SURFACE MENGGUNAKAN LIMITASI PETA RMS, AI, DAN ISOPACH PADA LAPISAN M, LAPANGAN “MBL”, FORMASI AIR BENAKAT, SUB-CEKUNGAN JAMBI, CEKUNGAN SUMATERA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa cara dalam bidang migas untuk memperhitungkan cadangan yang berada pada bawah permukaan bumi. Cadangan merupakan jumlah volume minyak dan gas yang dapat diperoleh atau diproduksikan secara komersial. Metode perhitungan cadangan diperoleh berdasarkan ketersediaan data, waktu dan dana. Dalam penelitian ini dilakukan metode perhitungan cadangan secara 2D surface yang dimaksudkan untuk mempermudah dalam proses pengolahan waktu dan data. Metode 2D surface merupakan metode cadangan yang dilakukan secara quick looking yang menyerupai perhitungan secara volumetrik. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data persebaran pasir lapisan target yang diidentifikasi merupakan hidrokarbon, ketebalan dari lapisan target dan data property lapangan produksi. Data persebaran pasir dapat diperloleh dari Surface Map Attribut RMS dan Peta Persebaran AI (acoustic impedance). Data ketebalan lapisan dapat dihasilkan dari peta Isopach, sedangkan untuk data property didapatkan langsung dari bagian processing petrophysic Pertamina. Lapangan MBL memiliki 20 sumur yang dengan luasan sebesar 7.5 x 5 km persegi. Target pada penelitian ini adalah formasi Air Benakat lapisan M yang memiliki ciri pasir tight. Ketebalan pasir pada lapisan M berfariasi yang memiliki nilai sebesar 55 – 0 m dengan luasan target sebesar 5.089.200 m2. Pada lapisan taget didapatkan nilai Bulk Volume sebesar 50.255x106 bbl dengan nilai Origin Oil Inplace sebesar 3.026439x106 STB. Setelah didapatkan hasil maka perbandingan antara data yang didapatkan dibandingkan dengan hasil dari pertamina untuk melihat selisih dari target. Pada Bulk Volume didapatkan selisih sebesar 25.61% dan nilai Origin Oil Inplace sebesar 46.88%. Kata kunci: Seismik, Seismik Atribut, Bulk Volume, Volumetrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Jul 2018 02:51
Last Modified: 10 Jul 2018 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15617

Actions (login required)

View Item View Item