POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-MURID DI SLB-B KARNNAMANOHARA, SLEMAN, YOGYAKARTA (Studi Deskriptif pada Penerapan Metode Maternal Reflektif (MMR) di Kelas Dasar II)

Nurrohmah, Annisa Lastarya (2018) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-MURID DI SLB-B KARNNAMANOHARA, SLEMAN, YOGYAKARTA (Studi Deskriptif pada Penerapan Metode Maternal Reflektif (MMR) di Kelas Dasar II). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anak tunarungu mengalami keterbatasan bahasa, sehingga mengakibatkan minimnya kosakata yang menyebabkan mereka tidak percaya diri sehingga tidak bisa mandiri dalam bermasyarakat. SLB B Karnnamanohara menerapkan Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk menciptakan anak didik yang mandiri dengan membentuk kepribadian mereka menjadi lebih percaya diri dalam bermasyarakat. Komunikasi interpersonal terjadi karena guru dan murid berperan dalam mengirim dan menerima pesan selama proses belajar mengajar. Penelitian ini menjelaskan pola komunikasi interpersonal antara guru dengan murid melalui penerapan Metode Maternal Reflektif (MMR) di kelas dasar II. Penelitian ini menggunakan teori penetrasi sosial. Jenis metode penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan melakukan observasi sebagai partisipasi pasif dan wawancara mendalam dengan informan guru kelas dasar II, salah satu pendiri yayasan dan kepala sekolah. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman serta menggunakan teknik triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa pembiasaan percakapan pengalaman yang dialami murid melalui penerapan komunikasi interpersonal dari Metode Maternal Reflektif (MMR) membuat anak ikut terbiasa mengungkapkan isi hatinya sesuai dengan apa yang ingin diungkapkannya tanpa ada rasa malu. Oleh karena itu, pembiasaan yang dilakukan guru SLB B Karnnamanohara dengan melakukan percakapan dan seluruh aktivitas kegiatan belajar lainnya secara terus menerus ini dapat mengembangkan kosakata setiap harinya, murid menjadi lebih percaya diri sehingga dapat membentuk kehidupan penyandang tunarungu yang mandiri dalam bermasyarakat. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Tunarungu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:10
Last Modified: 29 Jun 2018 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item