KOMUNIKASI ORGANISASI UKM KSR PMI UNIT III UPN “VETERAN” YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Organisasi UKM KSR PMI UNIT 3 UPN “Veteran” Yogyakarta Dalam Meningkatkan Motivasi Berorganisasi)

Huzaifah, Wafa (2018) KOMUNIKASI ORGANISASI UKM KSR PMI UNIT III UPN “VETERAN” YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Organisasi UKM KSR PMI UNIT 3 UPN “Veteran” Yogyakarta Dalam Meningkatkan Motivasi Berorganisasi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Organisasi KSR PMI Unit 3 UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu UKM (Unik Kegiatan Mahasiswa) yang bergerak di bidang kemanusaian. Organisasi ini mempunyai sistem semi komando yang menyebabkan komunikasi organisasi yang terjadi bersifat formal dan informal. Jumlah anggota yang tergabung dalam organisasi tidak setara dengan tingkat loyalitas anggota dalam berperan aktif di dalam organisasi. Motivasi anggota di dalam organisasi semakin turun, hal ini di tandai dengan menurunya tingkat jumlah anggota yang tergabung di dalam organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola komunikasi organisasi KSR PMI Unit 3 UPN “Veteran” Yogyakarta dalam meningkatkan motivasi berorganisasi. Metode yang digunakan yaitu dengan deskriptif kualitatif yaitu mengambarkan objek penelitian dengan hasil temuan yang di dapatkan. Teknik analisis data melalui pegamatan langsung, wawancara mendalam terhadap infroman yaitu anggota dan pengurus, serta analisis isi dan dokumen yang dimiliki oleh organisasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dimana membandingkan data yang di terima melalui teknik analisis yang dilakukan dengan sumber lain. Temuan dalam penelitian ini sesuai dengan teori hirearki, structural klasik dan peniti penyambung. Arah komunikasi yang terjadi dalam organisasi yaitu ke atas, ke bawah dan horizontal sesuai dengan kebutuhan organisasi. Pola komunikasi yang terjadi berbentuk lingkaran karena komunikasi berpusat pada satu titik yang memberikan suatu perintah atau keputusan dalam sebuah organisasi yaitu Komandan. Sehingga komunikasinya bersifat kaku dan anggota tidak Motivasi anggota di dalam organisasi KSR PMI Unit 3 UPN”Veteran” Yogyakarta dalam berorganisasi tumbuh karena beberapa fakktor yang mempengaruhi seperti, faktor internal dan ekternal organisasi. Kata kunci: KSR, Organisasi, Komunikasi, Motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Jun 2018 02:56
Last Modified: 29 Jun 2018 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item View Item