PERENCANAAN PERSEDIAAN PRODUK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MASA KADALUARSA, DISKON DAN PENGEMBALIAN PRODUK (Studi Kasus di Supermarket Skymart, Yogyakarta)

Setiyoko, Avian Wisnu (2018) PERENCANAAN PERSEDIAAN PRODUK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MASA KADALUARSA, DISKON DAN PENGEMBALIAN PRODUK (Studi Kasus di Supermarket Skymart, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TA_Avianwisnusetiyoko_Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_AvianWisnuSetiyoko_Cover .pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Avianwisnusetiyoko_daftar isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ta_Avianwisnusetiyoko_Lembarpengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Supermarket Skymart merupakan salah satu usaha retail yang menjual produk kebutuhan sehari-hari. Dalam pengadaan barang, supermarket mempunyaik kontrak kerja dengan berbagai supplier barang. Salah satunya adalah kontrak kerja untuk melakukan retur produk yang mendekati kadaluarsa dan melakukan bebrapa tahap diskon untuk mengurangi biaya kerugian. Namun disisi lain kurangnya perencanaan persediaan barang mengakibatkan terjadinya penumpukan barang yang mengakibatkan biaya yang menganggur yang tidak dapat digunakan. Oleh karena itu perlu adanya persencanaan persediaan yang baik yang didasarkan pada masa kadaluarsa, diskon dan retur untuk mengoptimalakan total peengeluaran persediaan di supermarket. Penelitian ini membahas mengenai perencanaan persedian didasarkan pada masa kadaluarsa, diskon dan retur pada produk minyak goreng Bimoli yang terdiri dari tiga jenis produk. Dalam menganalisis perencanaan persediaan dilakukan menggunakan metode EOQ yang sudah dimodelkan pada mempertimbangkan kadaluarsa, diskon dan retur. Hasil dijadikan dasar dalam penentuan jumlah pemesanan, frekuensi pemesanan dan total persediaan. Hasil dari penelitian ini memnunjukan bahwa setelah penerapan model persediaan, nilai jumlah pemesanan dari 252 unit, 204 unit dan 192 unit dengan frekuensi dua kali pemesanan menjadi 441 unit, 365 unit, 322 unit dengan frekuensi satu kali pemesanan. Penggunaan model persediaan dapat mengurangi total pengeluaran yang semula sebesar Rp 30.005.785,00 menjadi Rp 27.007.385,00. Kata kunci: Metode EOQ, diskon penjualan, backorder, retur

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jun 2018 02:23
Last Modified: 12 Jul 2018 06:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15496

Actions (login required)

View Item View Item